Pembangunan Tugu Limbong Mulana Sudah Lama Dinanti, Pererat Kekerabatan

Pembangunan Tugu Limbong Mulana Sudah Lama Dinanti, Pererat Kekerabatan
Peresmian Tugu Parsadaan Pomparan Limbong Mulana Indonesia (PPLMI) dihadiri Ketua Umum PSBI Dr. Effendi Muara Sakti Simbolon dan Bupati Samosir Vandiko T Gultom (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Samosir - Peresmian Tugu Parsadaan Pomparan Limbong Mulana Indonesia (PPLMI) dihadiri Ketua Umum PSBI Dr. Effendi Muara Sakti Simbolon dan Bupati Samosir Vandiko T Gultom.

Kegiatan ini digelar di Limbong, Desa Sarimarrihit, Kecamatan Sianjur Mulamula, Kamis (6/7).

Uniknya, dari rangkaian acara ada sesi pemberian ‘Ulos Soraburuk’ (sebidang tanah) kepada marga Simbolon, selaku ‘Boru Sihabolonan’ dari marga Limbong.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum PPLMI Bernhard Limbong, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Samosir Vandiko Gultom dan Ketua Umum PSBI Dr. Effendi MS Simbolon, sebab telah berkenan hadir dalam acara peresmian Tugu Limbong Mulana.

Menurutnya, pembangunan Tugu Limbong Mulana telah lama dinantikan. Oleh kerena itu, ia berharap ke depannya kehadiran Tugu Limbong Mulana akan mempererat hubungan kekerabatan dari marga Limbong.

“Limbong merupakan marga tertua di suku Batak Toba, dan baru pertama melaksanakan pesta tugu,” terangnya.

Ketua Umum PSBI, Dr. Effendi Muara Sakti Simbolon, menjelaskan kehadirannya yang didampingi Bupati Samosir Vandiko T Gultom beserta rombongan, atas undangan dari marga Limbong, yang merupakan ‘Tulang’ (Paman) dari marga Simbolon.

“Sekaligus kami mendapatkan berkah dari Tuhan, melalui tulang Limbong Mulana, berupa Ulos Soraburuk, berupa tanah. Kami menyampaikan terima kasih,” ujar Effendi.

Bupati Samosir Vandiko T Gultom dalam kesempatannya, berharap semoga lewat pesta ini, semakin terjalin hubungan yang baik di keluarga besar marga Limbong.

Acara ini menampilkan Tor-tor (tari) batak yang diiringi alunan gondang, pertunjukan Opera Batak, serta dihibur oleh penyanyi Batak terkenal Tongam Sirait.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi