Sandiaga Uno Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif di Toba

Sandiaga Uno Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif di Toba
Sandiaga Uno Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif di Toba (Analisadaily/David H Purba)

Analisadaily.com, Balige - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong para pelaku ekonomi kreatif Kabupaten Toba agar terus berinovasi dan berkarya serta membangun jejaring dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas.

Hal itu disampaikannya dalam kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kabupaten Toba, Rabu (19/7).

Menjadi lokasi kedua puluh dari rangkaian program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia tahun 2023, Kabupaten Toba memiliki potensi ekonomi kreatif yang besar pada subsektor kriya, seni pertunjukan, dan kuliner.

Potensi tersebut, lanjutnya, dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekraf. Kreativitas dan inovasi pelaku ekonomi kreatif menjadi kunci dalam menjangkau pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini, ujarnya.

Kemenparekraf/Baparekraf saat ini berupaya mendorong kebangkitan ekonomi kreatif dengan bentuk aktivasi kegiatan dengan memfasilitasi para pelaku UMKM sektor ekonomi kreatif dalam mengeksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif sehingga memiliki nilai tambah dan memberikan penguatan branding dari produk-produknya.

Tahun ini Kabupaten Toba sebagai salah satu daerah penerima DAK Fisik Bidang Pariwisata melalui Menu Pusat Kreasi Destinasi Pariwisata (PKDP) tahun 2023, menambah peluang bagi para pelaku kreatif untuk mengembangkan potensi, inovasi, dan kreasi mereka.

“Ruang kreatif ini kedepannya diharapkan dapat dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah, pengelola ruang kreatif, dan stakeholder lainnya dan bersama-sama dapat merencanakan dan melaksanakan program aktivasi, pemeliharaan, dan pengelolaan ruang kreatif,” ucapnya.

Penyelenggaraan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia ini merupakan bentuk penguatan yang diberikan Kemenparekraf/ Baparekraf terhadap ekosistem ekonomi kreatif secara komprehensif di Kabupaten Toba yang terus berkomitmen untuk mengembangkan simpul.

Bupati Poltak Sitorus sangat mengapresiasi workshop peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) dengan kehadiran menperakraf di Toba ini sangat mendorongan meningkatkan ekonomi dengan keyakinan masyarakat akan lebih sejahtera lagi.

Dengan terlaksananya Workshop KaTa Kreatif di Kabupaten Toba ini diharapkan para pelaku usaha ekonomi kreatif dapat meningkatkan kapasitas yang telah dimiliki sehingga dapat berdaya saing dan dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat sekitarnya, serta dapat meningkatkan sinergisitas antar pemangku kepentingan dalam rangka penguatan jejaring diantara para pelaku ekonomi kreatif.

Kegiatan workshop ini dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Baparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno dan turut hadir mendampingi Bupati Toba Poltak Sitorus. Selain itu, kegiatan workshop diisi oleh narasumber seorang praktisi pemasaran digital yaitu Okky Barus untuk berbagi pengalaman dan memberi materi tentang peningkatan kapasitas digital marketing dan pengelolaan finansial di Kabupaten Toba.

(VIT/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi