Donor Darah Bertujuan Bantu Sesama dan Selamatkan Banyak Nyawa

Donor Darah Bertujuan Bantu Sesama dan Selamatkan Banyak Nyawa
Kalapas Gunungtua Simson Bangun saat mengikuti skrining sebelum donor darah (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Gunungtua - Puluhan petugas Lapas kelas III Gunungtua kabupaten Padanglawas Utara (Paluta), menyumbangkan darahnya dalam rangka menyambut Hari Kemenkumham atau yang biasa disebut Hari Dharma Karya Dhika tahun 2023, Rabu (26/7) pagi di halaman Lapas setempat.

Kegiatan ini digelar bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Paluta dipimpin langsung Kalapas Gunungtua, Simson Bangun, bersama Ketua PMI Paluta, Tohong Pangondian Harahap, dan masyarakat aktif pendonor lainnya.

Sebelum dilakukan donor darah, sesuai prosedur peserta diwajibkan melakukan registrasi dan mengikuti skrining, pengukuran tekanan darah, pengukuran Hemoglobin dan tes golongan darah.

Setelah dinyatakan dapat mengikuti donor darah oleh dokter, maka pendonor akan diambil darahnya oleh petugas transfusi darah sebanyak 1 kantong darah.

Simson mengatakan, donor darah ini merupakan salah satu kegiatan bakti sosial Lapas Gunung tua dalam rangka menyambut Hari Kemenkumham atau yang biasa disebut Hari Dharma Karya Dhika tahun 2023, yang wajib diselenggarakan dan dilaksanakan seluruh Kanwil dan UPT Kemenkumham se-Indonesia

"Diharapkan dengan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi banyak orang dan juga dapat menyelamatkan banyak nyawa. Semoga kegiatan donor ini dapat menjadi sumbangsih dengan berbagi darah kepada yang membutuhkan," kata Simson.

Menurutnya, kegiatan donor darah ini bertujuan untuk membantu sesama dan menyelamatkan banyak nyawa, kegiatan donor darah juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Kegiatan ini dilaksanakan dengan sukarela tanpa ada paksaan bagi siapapun yang ingin mendonorkan darahnya.

Pihaknya juga, mengucapkan terima kasih kepada PMI Paluta dibawah kepemimpinan Tohong Pangondian Harahap yang telah membantu memfasilitasi kegiatan donor darah tersebut.

(ONG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi