HUT Kemerdekaan RI ke-78, FJPI Sumut Dukung Donor Darah untuk Penderita Kanker

HUT Kemerdekaan RI ke-78, FJPI Sumut Dukung Donor Darah untuk Penderita Kanker
HUT Kemerdekaan RI ke-78, FJPI Sumut Dukung Donor Darah untuk Penderita Kanker (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-78, Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut mendukung donor darah yang rutin dilaksanakan kantor XL Medan, Jalan Diponegoro No 5 Medan, Rabu (16/8).

Dalam kegiatan ini, FJPI Sumut berkolaborasi dengan XL Axiata, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Forum Wartawan Kesehatan (Forwakes) Sumut yang ikut sebagai pendonor. Hasil dari aksi sosial ini, selanjutkan akan disalurkan kepada Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM) untuk didistribusikan ke anak-anak penderita kanker yang memerlukan.

Ketua FJPI Sumut, Nurni Sulaiman, mengatakan, “Sebagai bagian dari masyarakat Medan, FJPI Sumut juga merasa bertanggung jawab untuk membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan, tidak hanya membantu melalui pemberitaan, tetapi kami wujudkan dengan memberikan bantuan sebagai pendonor darah. Kegiatan ini berkolaborasi dengan MTXL Axiata yang selalu peduli dengan masyarakat sekitarnya. Semoga bermanfaat untuk anak-anak penderita kanker yang selalu membutuhkan donor darah. Saya bersama Sekjen FJPI Pusat, Khairiah Lubis dan rekan-rekan jurnalis lain, ikut sebagai pendonor.”

Nurni menambahkan, donor darah yang dilaksanakan hari ini, total dari 45 orang yang mendaftar, terkumpul sebanyak 40 kantong darah yang bisa dikumpulkan dari para pendonor. Darah yang terkumpul akan disumbangkan langsung ke Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM) untuk selanjutnya didistrusikan ke anak-anak penderita kanker.

Kegiatan ini berkolaboarasi dengan Majelis Taklim XL Axiata (MTXL), Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut, Forum Wartawan Kesehatan (Forwakes) Sumut, Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM), serta RSUP H. Adam Malik Medan.

Kegiatan donor darah merupakan salah satu bagian dari Program MTXL Axiata bersama karyawan XL Axiata yang terus berkomitmen untuk turut hadir di tengah masyarakat, khususnya dalam menghadapi berbagai permasalahan sosial dan bencana. Dana bantuan yang disalurkan pihaknya ini merupakan hasil pengumpulan dana zakat karyawan XL Axiata yang secara rutin dikumpulkan setiap bulan dan dikelolah Majelis Ta’lim XL Axiata untuk disalurkan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Begitu banyak manfaat donor darah yang dirasakan oleh para pendonor. Di antara beberapa manfaat donor darah untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan resiko kanker, membantu menurunkan berat badan, deteksi penyakit serius dan membantu agar lebih sehat secara psikologis.

Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian FJPI Sumut dan jurnalis terhadap anak-anak penderita kanker. Selanjutnya, donor darah akan dilaksanakan pada bulan November 2023 sebagai rutinitas untuk menjaga kesehatan tubuh dan sekaligus membantu anak-anak penderita kanker.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi