Komite SMPN 17 Banda Aceh: Orang Tua Berperan Penting Kembangkan Prestasi Anak

Komite SMPN 17 Banda Aceh: Orang Tua Berperan Penting Kembangkan Prestasi Anak
Komite SMPN 17 Banda Aceh: Orang Tua Berperan Penting Kembangkan Prestasi Anak (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Ketua Komite SMP Negeri 17 (SMPN 17) Banda Aceh, Sulaiman Achmad, menilai tidak hanya peran guru di sekolah saja yang menunjang dan mendongkrak prestasi siswa. Dibutuhkan peran aktif orang tua itu sendiri, agar siswa dapat berkelanjutan mengaplikasikan prestasinya.

Hal itu disampaikan Sulaiman, Jumat (18/8), di Aula SMPN 17 Banda Aceh, ketika terpilih aklamasi menjadi Ketua Komite SMPN 17, setelah Ketua Komite sebelumnya, Azhari, Mantan Kabiro Antara Aceh, pindah tugas ke Kantor Antara Pusat di Jakarta.

Azhari saat ini diangkat menjadi Dewan Penasehat Komite SMPN 17 Banda Aceh. Kemudian, Marhamah, menjabat Ketua Komite ad interim (sementara) hingga terpilih aklamasi, Sulaiman Achmad.

"Saya tidak bisa berjalan sendiri, saya terbuka dan transparan, silahkan bapak/ibu semua di sini juga bagian dari Komite Sekolah. Silahkan sampaikan apapun itu terkait sekolah atau program komite langsung ke saya. Hape saya aktif 24 jam, tidak pernah padam," kata Sulaiman saat diminta memberikan sambutan usai terpilih aklamasi.

Dia menilai keterbukaan itu akan membuat orang tua siswa juga berperan aktif dalam menunjang dan mengakomodir prestasi siswa di sekolah. Komite memiliki peran dan program untuk bisa menjadikan wadah tersebut mendorong siswa berprestasi, baik akademik dan non akademik terus mengukir prestasi.

"Tidak lain adalah membesarkan sekolah anak-anak kita ini, bahwa di sini tempat siswa berprestasi. Mohon dukungan dan bantuan semua bapak/ibu orang tua siswa, apapun itu, agar membantu komite dan sekolah ke depannya. Jadi, kita bersama-sama membangun sekolah ini. Bukan hanya peran saya sendiri," ujar Sulaiman yang juga tercatat sebagai wartawan di media tertua nasional ini.

Kepala Sekolah SMPN 17, Qadarusmi menjelaskan, peran orang tua juga sangat penting ikut mengawasi siswa di rumah ataupun sepulang dari sekolah. Bahkan, Buk Mimi, sapaan akrabnya, meminta orang tua membangun komunikasi aktif ke siswa.

"Sering makan dan nongkrong bersama anak di luar, tapi tidak berkomunikasi sama saja, bapak/ibu. Karena apa, semua sibuk dengan Hapenya sendiri. Jadi, perlunya kita bangun komunikasi aktif dengan anak kita agar apa yang terjadi di sekolah, kita tahu," ujarnya.

Mimi pun membuka ruang komunikasi aktif ke semua orang tua siswa terkait permasalahan apapun di sekolah. Dia ingin, orang tua berperan bersama untuk sekolah terutama terkait tumbuh kembang dan prestasi sisw

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi