Pembukaan Porkot Medan XIII Semarak, Bobby Ingatkan Pentingnya Sportivitas

Pembukaan Porkot Medan XIII Semarak, Bobby Ingatkan Pentingnya Sportivitas
Pembukaan Porkot Medan XIII (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Pembukaan perhelatan Pekan Olahraga Kota (Porkot) Medan XIII tahun 2023 di Stadion Teladan Medan, Sabtu (19/8) berlangsung semarak.

Kendati hadir sejak siang hari, ribuan atlet dan ofisial tampak bersemangat mengikuti rangkaian pembukaan Porkot Medan oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution.

Hadir pada acara pembukaan Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda, Dandim 0201 Medan Kol. Inf. Ferry Muzawwad, Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim SE, dan Unsur Forkopimda Kota Medan lainnya.

Menurut Bobby, Sumut dan Aceh menjadi tuan rumah PON XXI Tahun 2024 yang sebagian kegiatan dan venuenya di Kota Medan. Tentunya persiapan telah dilakukan baik oleh provinsi maupun Kota Medan.

"Selain venue dan tempat pertandingan, mempersiapkan atlet untuk PON. Dan menjadi kebanggaan bagi kita karena akan banyak atlet yang mewakili Sumut berasal dari Kota Medan. Karena itu juga Porkot Medan 2024 ini salah satu upaya untuk persiapan PON 2024," ucapnya.

"Bagi para atlet, untuk tetap disiplin dalam berlatih dan bertanding. Para wasit untuk menjaga pertandingan agar melahirkan atlet berkompeten, baik di tingkat nasional maupun internasional," lanjutnya.

Acara pembukaan diawali devile peserta dan atlet binaan KONI Medan, serta diisi aneka atraksi. Kemudian penyalaan obor oleh atlet Heriyanto mantan atlet wushu peraih emas SEA Games dan peraih emas tinju PON 2012 Nurmala Deli.

Ketua Umum KONI Medan, Eddy H Sibarani, dalam laporannya menyebut, Porkot diikuti 3.545 atlet dengan mempertandingkan 24 cabang olahraga (cabor) dari 21 kecamatan se-Kota Medan.

"Porkot tahun ini menjadi Porkot kualitas. Semoga menghasilkan atlet atlet terbaik baik di tingkat nasional internasional. Terima kasih kepada Pemko atas dukungan kepada KONI Medan dan berharap Kota Medan memberikan yang terbaik di PON 2024," ucapnya.

Cabor-cabor yang dipertandingkan yakni arung jeram, bola basket, bola voli, bulu tangkis, catur, cricket, dayung, drumband, gateball, gulat, judo dan kempo. Kemudian karate, kick boxing, menembak, panahan, pencak silat, petanque, sepak takraw, taekwondo, tarung derajat, tenis, softball/baseball, serta cabor wushu.

(BBG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi