17 Sekolah Perebutkan Piala Irwan Tavip Ginting 2023

17 Sekolah Perebutkan Piala Irwan Tavip Ginting 2023
Tokoh Muda Irwan Tavip Ginting didampingi Hanna br Bangun, dan Z Barus saat pembukaan festival vokal grup dan vokal solo di Gedung Zenteum GBKP, Kabanjahe, Selasa (22/8) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Karo - Sebanyak 17 sekolah tingkat SMA di Kabupaten Karo bersaing dalam ajang festival vokal grup dan vokal solo yang berlangsung 21-22 Agustus 2023, memperebutkan piala Irwan Tavip Ginting 2023 di Gedung Zentrum GBKP, Kabanjahe.

Irwan Tapip Ginting, tokoh muda Karo, sekaligus cucu Selamat Ginting, seorang pejuang Kemerdekaan RI dari Kabupaten Karo, Selasa (22/8) menyampaikan, “Banyak generasi muda tidak mengenal sejarah perjuangan Karo. Padahal Indonesia hanya ada dua makam pahlawan, satu di Surabaya dan satunya ada di Kabanjahe, Tanah Karo.”

Karenanya, lanjut Irwan, “Festival vokal grup dan vokal solo bertajuk lagu perjuangan dipentaskan, sebagai upaya kita mengenalkan ke generasi muda Karo tentang sejarah perjuangan Kemerdekaan RI, Tanah Karo terlibat upaya memperjuangkan kemerdekaan itu.”

Z Barus yang mewakili Kepala Cabdis wilayah 4 Sumatera Utara (Sumut) mengapresiasi kegiatan ini, dan berharap para siswa mau belajar dan menggali lebih banyak sejarah perjuangan para pahlawan Karo.

“Manfaatnya, generasi tetap menjaga budaya Karo, dan jiwa patriotisme generasi muda Karo tetap tertanam pada generasi muda,” ujarnya.

Pada kegiatan ini, para siswa cukup antusias, terlihat banyaknya peserta yang mengikuti lomba. Jumlah yang hadir ikuti perlombaan 44 peserta dengan jumlah 12 grup dari 17 sekolah setingkat SMA se-Kabupaten Karo.

Panitia kegiatan, Hanna br Bangun menyampaikan terima kasih pada tim panitia yang sudah bekerja keras untuk acara ini. Begitu juga partisipasi para guru yang luar biasa dalam membina dan mendampingi muridnya.

Tidak ketinggalan para juri perlombaan, Anton Sitepu, Simpei Sinulingga, Moses P Pinem, dan pemusik pengiring, Fakta Ginting. Total hadiah diperebutkan Rp 24 juta ditambah piala dan piagam.

(DIK/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi