Polisi RW Kuatkan Kepedulian Keamanan dan Keterlibatan Masyarakat

Polisi RW Kuatkan Kepedulian Keamanan dan Keterlibatan Masyarakat
Polisi RW Kuatkan Kepedulian Keamanan dan Keterlibatan Masyarakat (Analisadaily/Zainal Abidin)

Analisadaily.com, Serdang Bedagai - Pemasangan baret lengan pada personel Polisi Rukun Warga (RW) tidak hanya menjadi tanda pengenal, baret tersebut juga menggambarkan semangat kolaborasi dan keterlibatan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah mereka.

Polisi RW dengan komitmen untuk mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal, diharapkan dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab.

Ungkapan itu disampiakan Kapolres Sergai, AKBP Oxy Yudha Pratesta, saat memimpin apel peluncuran Polsi RW bersama Bupati Sergai dan unsur Forkopinda Sergai lainnya dengan melibatkan 125 personel Polisi RW, bertempat di lapangan apel Mapolres Sergai, Jalan Negara, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Kamis (24/8).

Selanjutnya Kapolres menyebutkan, setiap desa memiliki tata aturan yang khas dan Polisi RW memiliki peran penting dalam menjaga keharmonisan dan menghormati berbagai potensi yang ada dalam masyarakat. Dalam rangka menciptakan lingkungan yang aman dan terjaga, Polisi RW juga akan memperkuat kelompok jaga warga.

"Dengan terjalinnya komunikasi yang sinergis antara mereka dan masyarakat sekitar, diharapkan terciptanya pemahaman yang lebih baik mengenai situasi dan kebutuhan lokal," ujar Kapolres.

Selain itu, kata Kapolres, Polisi RW tidak hanya berperan sebagai pelindung, namun juga sebagai sumber informasi dan penerima masukan dari masyarakat. Oleh karena itu kemampuan mereka dalam memahami berbagai situasi yang berkembang di masyarakat akan membantu dalam memberikan solusi terbaik untuk setiap permasalahan yang muncul.

"Melalui pendekatan holistik ini, diharapkan bahwa upaya pencegahan dan penanggulangan gangguan keamanan dapat menjadi lebih efektif. Polisi RW diharapkan mampu menjadi bagian dari solusi permasalahan di masyarakat, yang pada akhirnya akan memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian," ucapnya.

“Maka dengan peluncuran Polisi RW ini,kerjasama aktif antara penegak hukum dan masyarakat diharapkan akan semakin kuat, membawa manfaat yang positif bagi keamanan dan kesejahteraan bersama,”tutup Kapolres.

Pada kesempatan tersebut,Kapolres Serdang Bedagai AKBP Oxy Yudha Pratesta memberikan penghargaan kepada 6 perwakilan masyarakat yang ditunjuk sebagai simbolisasi pemasangan baret lengan pada personel Polisi RW.

(BAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi