Air Setinggi 30 Cm Masih Rendam Desa Juhar Sergai

Air Setinggi 30 Cm Masih Rendam Desa Juhar Sergai
Air Setinggi 30 Cm Masih Rendam Desa Juhar Sergai (BNPB Indonesia)

Analisadaily.com, Serdang Bedagai – Air setinggi 30 cm masih menggenangi wilayah Desa Juhar, Kecamatan Bandar Khalifah, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara (Sumut) pada Jumat (25/8). Banjir terjadi sejak Kamis (24/8) pukul 04.10 WIB.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari melaporkan, sebanyak 23 KK atau 94 jiwa terdampak banjir yang berlangsung setelah hujan lebat mengguyur wilayah desa.

Intesitas hujan deras mengakibatkan debit air Sungai Padang meluap hingga ke pemukiman. Namun demikian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serdang Bedagai melaporkan tidak ada warganya yang mengungsi.

“Hasil kaji cepat sementara dilaporkan sedikitnya 23 unit rumah terdampak banjir,” ucapnya.

BPBD masih bersiaga untuk mengantisipasi dampak buruk banjir. Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan aparat desa dan kecamatan. Pendataan dampak atau pun kerugian masih terus dilakukan BPBD setempat.

Peringatan dini cuaca menunjukkan wilayah Sumut masih berpotensi hujan lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang. Peringatan ini berlaku hingga esok hari, Sabtu, 26 Agustus 2023. Sedangkan wilayah kecamatan ini juga berpotensi hujan lebat.

Menyikapi potensi tersebut, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi banjir susulan. Lakukan evakuasi mandiri atau menghubungi petugas BPBD apabila membutuhkan bantuan evakuasi ke tempat aman.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi