Jenazah Arist Merdeka Sirait Dimakamkan di Kampung Halaman, Kabupaten Toba

Jenazah Arist Merdeka Sirait Dimakamkan di Kampung Halaman, Kabupaten Toba
Jenazah Arist Merdeka Sirait Dimakamkan di Kampung Halaman, Kabupaten Toba (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Balige - Arist Merdeka Sirait telah pergi menghadap sang pencipta. Ketua Komnas Perlindungan dan Anak ini menghembuskan nafas terakhir 26 Agustus 2023 di RS Bhayangkara Raden Sait Sukanto, Jakarta.

Jenazahnya dimakamkan di kampung halamannya, Desa Lumban Sirait, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba, Selasa (29/8).

Jenazah Arist Merdeka Sirait tiba di Gereja HKBP Hasahatan untuk disemayamkan sekira pukul 13.30 WIB yang disambut isak tangis keluarga. Bupati Toba, Poltak Sitorus, bersama Sekretaris Daerah, Augus Sitorus, dan sejumlah pimpinan OPD serta kerabat lainnya, turut menyambut kedatangan jenazah Arist Merdeka Sirait.

Pihak gereja kemudian menggelar ibadah untuk almarhum sebelum dikebumikan. Dalam kata-kata duka cita yang disampaikan Bupati Toba, dirinya mengatakan Arist Merdeka Sirait adalah sosok yang memerdekakan anak-anak Indonesia.

Dalam perjalanannya, Arist Merdeka Sirait selalu mengorbankan jiwa dan raganya untuk melindungi anak-anak Indonesia dari bahaya kekerasan seksual.

"Beliau telah mengorbankan segalanya untuk anak-anak Indonesia. Perhatian beliau terhadap anak-anak di Toba ini sangat intens, beliau sangat sering berkunjung ke sini untuk isu-isu kekerasan anak," ujar Poltak Sitorus.

"Selamat jalan Arist Merdeka Sirait, perjuangan mu akan kami lanjutkan," kata Bupati mengenang almarhum.

Oleh pihak keluarga, Surung Sirait, turut menyampaikan terima kasih atas ucapan duka dan doa dari semua pihak yang menguatkan keluarga.

"Terima kasih untuk doa bapak-ibu yang menguatkan kami," katanya.

Dirinya meminta agar ke depan ada tokoh-tokoh baru dari Toba yang dapat menggantikan sosok Arist Merdeka Sirait.

"Semoga anak-anak dari Toba dapat menggantikan sosok saudara kami ini, bahkan lebih hebat dari beliau," ujarnya mengakhiri.

Usai menyampaikan kata-kata penghiburan, selanjutnya dilanjutkan dengan acara ibadah sebelum kemudian jenazah dibawa ke pemakaman di Desa Lumban Sirait, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba untuk dikebumikan.

(VIT/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi