FIFA Luncurkan Lambang dan Maskot Piala Dunia U-17

FIFA Luncurkan Lambang dan Maskot Piala Dunia U-17
Logo Piala Dunia U-17 yang telah diresmikan FIFA pada Jumat (1/9/2023) (ANTARA/HO-FIFA U-17 World Cup Indonesia)

Analisadaily.com, Jakarta - FIFA secara resmi meluncurkan lambang dan maskot resmi Piala Dunia U-17.

Maskot yang sebelumnya dijadikan maskot untuk Piala Dunia U-20 2023, Badak Cula Cahaya (Bacuya), digunakan kembali untuk Piala Dunia U-17. Ajang Piala Dunia U-20 awalnya direncanakan berlangsung pada Mei sampai Juni silam.

04 Jun 2024 09:19 WIB

Juventus dan Allegri Sepakat Pisah

04 Jun 2024 07:32 WIB

RESMI: Mbappe Gabung Real Madrid

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyatakan rasa bangganya karena ajang akbar tersebut.

"Sebuah kehormatan bagi kami karena mendapat kepercayaan menggelar kejuaraan sepak bola dunia bagi generasi pesepakbola masa depan. Dengan 73% penduduk Indonesia menyukai sepak bola, saya optimistis FIFA U-17 akan berjalan sukses dan mendatangkan banyak penggemar ke stadion. Terlebih ini kali pertama, Indonesia tampil di ajang dengan level Piala Dunia. Sudah pasti kami menyambutnya dengan sangat antusias," ujar Erick, dilansir dari Antara, Sabtu (2/9).

Badak bercula ini mengacu pada nama hewan asli Indonesia. Bacuya diharap berperan penting dalam mengajak masyarakat untuk datang ke stadion melihat para pesepak bola muda berkompetisi.

Filosofi Bacuya merupakan badak jawa muda yang sangat pemalu dan pendiam. Terlepas dari karakteristik itu, rasa ingin tahunya memaksa untuk berlari dengan tabah ke lapangan seperti ingin mencari sesuatu.

Nuansa rumput hijau yang menjadi latar memotivasinya sampai dia menemukan sepak bola. Tiba-tiba sesuatu yang luar biasa terjadi. Tanduknya menyala dengan warna-warna baru. Momen inilah yang mengubah Bacuya.

Bacuya merupakan pembela. Ia memperjuangkan hak anak muda untuk bersenang-senang dan berekspresi. Ia adalah penjaga talenta muda dan mercusuar untuk masa depan sepak bola.

Dengan status tuan rumah, Indonesia otomatis mendapatkan slot untuk berlaga pada putaran final Piala Dunia U-17.

Menghuni Grup A, Indonesia kini menanti calon lawan yang akan dihadapi dalam undian di Swiss pada 15 September 2023.

Total terdapat 24 negara yang akan berlaga di Piala Dunia U-17. NEgara-negara itu adalah Indonesia, Iran, Jepang, Korea Selatan, Uzbekistan yang mewakili Asia, Burkina Faso, Mali, Maroko, Senegal dari Afrika, Kanada, Meksiko, Panama Amerika Serikat yang mewakili Amerika Utara, Tengah, dan Karibia, Argentina, Brasil, Ekuador, Venezuela dari Amerika Selatan, Kaledonia Baru, Selandia Baru dari Oseania, serta Inggris, Prancis, Jerman, Polandia, Spanyol dari benua biru Eropa.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi