Hadapi Wakil Jepang di Final, Sabar: Jaga Stamina dan Fokus

Hadapi Wakil Jepang di Final, Sabar: Jaga Stamina dan Fokus
Ganda putra Indonesia, Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani saat berlaga di semifinal Indonesia Masters Super 100 di GOR Pancing, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (9/9). (Analisadaily/Cristison Sondang Pane)

Analisadaily.com, Medan - Ganda putra Indonesia, Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani memastikan diri melaju ke partai final turnamen bulutangkis Indonesia Masters Super 100 di GOR Pancing, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (9/9). Mereka lolos usai menaklukkan wakil Malaysia, Junaidi Arif/Roy King Yap dua dengan skor 21-13, 21-19.

Setelah laga, Sabar, mengatakan tidak mudah menang, mengingat lawan memberikan perlawanan ketat. Pasangan rangking 49 dunia hanya butuh waktu 35 menit untuk memetik kemenangan.

“Kami bermain di sini tidak kenal lelah dan mencoba memberikan yang terbaik dan bersyukur diberikan hasil maksimal dengan kembali masuk ke partai final,” kata Sabar.

Kemenangan ini sejatinya menjadi hasil apik beruntun buat Sabar/Reza mengingat di turnamen Indonesia International Challenge 2023 juga mengalahkan juara Nantes International Challenge 2023 itu.

Saat itu di 16 besar, Sabar/Reza juga mampu mengatasi pasangan rangking 76 dunia tersebut lewat pertarungan rubber game 21-18, 19-21, 21-15.

“Kami punya keuntungan dengan pernah meraih kemenangan melawan mereka di turnamen sebelumnya. Hasil tersebut menjadi motivasi buat kami sehingga hari ini kami bisa mengendalikan tempo permainan dari awal laga hingga akhir,” tambah Reza.

Tidak hanya itu, lolosnya Sabar/Reza juga mengulang prestasi apik di turnamen Indonesia International Challenge 2023.

Saat itu pasangan Sabar/Reza juga melangkah ke final dan hanya mampu jadi runner up seusai di partai pemungkas menyerah dari ganda putra senior, Berry Angriawan/Rian Agung Saputro dengan skor 21-19, 19-21, 17-21.

“Pencapaian kami di sini tidak mudah mengingat sejak awal kami mempersiapkan diri dengan matang. Bersyukur dengan hasil ini karena pengorbanan kami tidak sia-sia dengan beruntun melaju ke partai final. Harapannya semoga besok kami bisa juara,” pungkas Reza.

Nantinya pada partai final, Sabar/Reza akan berhadapan dengan wakil Jepang, Kakeru Kumagai/Kota Ogawa. Ganda putra Negeri Matahari Terbit itu ke partai puncak seusai menang melawan wakil Chinese Taipei, Chen Zhi Ray/Lu Chen dengan skor 21-16, 11-21, 21-16.

"Tipe pemain Jepang ini kan ulet, jadi kami harus menjaga stamina, fisik, dan fokus tentunya. Mudah-mudahan bisa menang," tambah Sabar.

Sabar/Reza menjadi pemain ke tiga Indonesia yang lolos ke partai final turnamen BNI Indonesia Masters 2023, setelah Ester Nurumi Tri Wardoyo (tunggal putri) dan Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto (ganda putri).

Ester meraih tiket babak final turnamen BWF Tour Super 100 seusai menang melawan rekan satu negaranya, Komang Ayu Cahya Dewi lewat pertarungan rubber game 19-21, 21-15, 21-15.

Adapun untuk Lanny/Ribka menyusul ke final seusai menang atas wakil India, Tanisha Crasto/Ashwini Ponnappa juga dalam tiga gim 20-22, 21-16, 21-13.

Berikut daftar lengkap finalis BNI Indonesia Masters 2023, Minggu (10/9) pukul 12.00 WIB:

Ganda campuran: Roy King Yap/Valeere Siouw (Malaysia) vs Hiroki Nishi/Akari Sato (Jepang)

Tunggal putra: Koo Takahashi (Jepang) vs Kiran George (India)

Ganda putri: Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto (Indonesia/1) vs Chang Ching Hui/Yang Ching Tun (Taipei/2)

Tunggal putri: Chiu Pin Chian (Taipei) vs Ester N T Wardoyo (Indonesia)

Ganda putra: Kakeru Kumagai/Kota Ogawa (Jepang) vs Sabar Karyaman/Moh Reza Pahlevi (Indonesia/4)

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi