Berbiaya Rp 19,2 Miliar, Kementerian PUPR Bangun Dinding Penahan Sungai Sigeaon

Berbiaya Rp 19,2 Miliar, Kementerian PUPR Bangun Dinding Penahan Sungai Sigeaon
Proses pembangunan dan pengerjaan prasarana pengendali dasar Sungai Sigeaon (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tapanuli Utara - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera Utara II membangun prasarana pengendali dasar di Sungai Sigeaon, Tarutung.

Humas PT Agha Rafan Hidayat selaku pihak yang mengerjakan proyek tersebut, Richad Boy Simanjuntak mengatakan, pembangunan prasarana pengendali dasar Sungai Sigeaon ini menelan biaya sebesar Rp 19,2 miliar.

Dia mengatakan, pekerjaan pembangunan prasarana pengendali dasar Sungai Sigeaon ini berupa pembuatan sheet pile (pemancangan dinding penahan) di pinggiran Sungai Sigeaon, Tarutung.

"Pekerjaan berupa pembangunan dan pembuatan sheet pile atau pemancangan dinding penahan erosi atau longsor di Sungai Sigeaon," ujarnya, Kamis (14/9).

"Adapun dinding penahan yang dibangun diperkirakan sepanjang tiga kilometer," tambahnya.

Dia mengatakan, sheet pile atau dinding penahan yang akan dibangun dan dipancang ini menggunakan besi dengan ukuran berat 1 ton dan panjang 12 meter.

"Dinding penahan ini menggunakan besi seberat satu ton, diameter 40 centimeter dan panjang 12 meter," katanya.

Dia menambahkan, hingga saat ini progres pengerjaan proyek pembangunan prasarana dasar pengendali Sungai Sigeaon ini sudah berjalan sekitar 15 persen.

"Pekerjaan sudah 15 persen dari batas waktu pekerjaan selama 158 hari kerja dan harus selesai sampai Desember 2023," tandasnya.

(CAN/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi