BMKG Prakirakan Sebagian Wilayah Sumut Berpotensi Hujan Lebat Selasa Sore-Malam

BMKG Prakirakan Sebagian Wilayah Sumut Berpotensi Hujan Lebat Selasa Sore-Malam
Ilustrasi - Hujan (Antara)

Analisadaily.com, Medan - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah di Sumatera Utara (Sumut) berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada Selasa (10/10) sore dan malam.

"Atas kondisi tersebut masyarakat diimbau agar waspada karena hujan dengan intensitas lebat tersebut berpotensi dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor," kata Prakirawan BBMKG Wilayah 1 Medan Lestari Irene Purba, dilansir dari Antara.

Secara umum cuaca di Sumut dalam 2 hari ke depan pada pagi hari berawan dan hujan ringan di wilayah Tebingtinggi, Serdang Bedagai, Asahan, Labuhanbatu, Tapanuli Tengah, Sibolga, Humbang Hasundutan, Tapanuli Selatan dan sekitarnya.

Siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumut. Hujan lebat dapat terjadi di wilayah Langkat, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, Sibolga, Binjai, Tapanuli Selatan dan sekitarnya.

Malam hari juga berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Langkat, Batubara, Asahan, Tanjung Balai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan Samosir, Toba, Simalungun, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Sibolga, Padangsidimpuan, Mandailing Natal,Tapanuli Utara, Padang Lawas, Kepulauan Nias, Labuhan Batu, Labuhanbatu Utara dan sekitarnya.

Dini hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di wilayah Batubara, Asahan, Tanjungbalai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Samosir, Toba, Simalungun, Tapanuli Utara, Labuhanbatu Utara, Kepulauan Nias, Labuhanbatu dan sekitarnya.

Sementara suhu udara 17 – 34.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 97 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi