Raih Akreditasi A, Perpusnas Serahkan Sertifikat ke Perpustakaan UMSU

Raih Akreditasi A, Perpusnas Serahkan Sertifikat ke Perpustakaan UMSU
Raih Akreditasi A, Perpusnas Serahkan Sertifikat ke Perpustakaan UMSU (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas RI, Dr. Adin Bondar bersama Bupati Deliserdang, H. Ashari Tambunan menyerahkan sertifikat hasil akreditasi Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) pada acara Rapat Koordinasi dah Workshop Capacity Building Pengelola Perpustakaan serta Penghargaan Pengelola Arsip Terbaik di Convention Hall Kabupaten Deliserdang di Jalan Medan-Tebingtinggi, Sabtu (21/10).

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan RI dan Bupati mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Perpustakaan UMSU karena telah meraih akreditasi A. Kedua berharap agar prestasi ini terus ditingkatkan.

Rektor UMSU, Prof. Dr. Agussani, M.AP mengucapkan selamat atas capaian prestasi ini dan meminta kepada tim perpustakaan tetap menciptakan prestasi ke depan.

Kepala Perpustakaan UMSU, Dr. Muhammad Arifin, M.Pd mengatakan re-akreditasi perpustakaan UMSU sudah dilakukan sebanyak 2 kali, awalnya perpustakaan UMSU meraih akreditasi C tahun 2015, dan dilakukan re-akreditasi tahun 2018 dan hasilnya meraih akreditasi A. Tahun 2023, melakukan re-akreditasi kembali dan memperoleh akreditasi A dengan nilai lebih baik.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pustakawan, staf dan relawan perpustakaan atas kerja keras sehingga perpustakaan meraih akreditasi A kembali. Ucapan terima kasih kepada pimpinan UMSU, rektor, wakil rektor dan pihak-pihak yang membantu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumut, Dwi Endah Purwanti bersama tim yang turut mendampingi perpustakaan UMSU dalam persiapan akreditasi. Terima kasih atas dukungan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, anggota Komisi X DPR RI, Prof. Dr. Djohar Arifin Husin dan dr. Sofyan Tan yang telah memberi dukungan dalam testimoni,” katanya.

Muhammad Arifin mengatakan, masukan dan rekomendasi yang diberikan tim asesor akan menjadi pintu masuk untuk melakukan perbaikan ke depan di antaranya, perpustakaan UMSU berkomitmen menjadi inspirasi bagi perpustakaan lain.

Makanya, slogan “Inspiring Library” terus digelorakan sehingga keberadaan berpustakaan UMSU benar-benar bisa dirasakan manfaatnya.

Selain itu, internasionalisasi perpustakaan menjadi program prioritas ke depan. Saat ini, pustakawan UMSU didorong untuk aktif dalam konferensi internasional tentang perpustakaan dan akan menjalin kerja sama perpustakaan dengan perguruan tinggi di luar negeri.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi