Bekali Relawan, PMI Paluta Gelar Diklat dan Kemah Bersama

Bekali Relawan, PMI Paluta Gelar Diklat dan Kemah Bersama
Bekali Relawan, PMI Paluta Gelar Diklat dan Kemah Bersama (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Gunungtua - Ratusan siswa SMA sederajat dari berbagai sekolah di Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) mengikuti kegiatan Pelatihan Dasar Lapangan (Latsar) sekaligus pelantikan bersama Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Wira.

Kegiatan ini digelar selama 2 hari, Sabtu-Minggu (11-12 Desember 2023) ini dikemas dengan kemah bersama di Lapangan MAN, Desa Sigama, Kecamatan Padang Bolak, dengan pemateri para pengurus PMI Paluta.

Penanggung jawab kegiatan Rahmat Siregar disela-sela kegiatan menuturkan, latihan dan pelantikan bersama tersebut merupakan agenda besar PMI Paluta yang menggabungkan para PMR dari berbagai sekolah di wilayah Paluta.

Para peserta merupakan binaan PMI Paluta yang telah disatukan menjadi sebuah kemah bersama, sehingga kegiatan kepalangmerahan terus terpatri dalam jiwa mereka.

"Ini agenda rutin, terhubung dengan segala inovasi-inovasi kepalangmerahan. Ada kemah bersama kader PMR itu dengan agenda dasar terkait tugas-tugas PMR," ucap Rahmat.

Rahmat menyebutkan, selama kegiatan peserta dibekali tentang pengetahuan pertolongan pertama pada kecelakaan, keterampilan buat tandu, buat dapur umum, dan siap menghadapi bencana.

“Saat ini PMR kita terus kita benahi. Insya Allah ini akan menjadi lebih maju dan berkembang," ungkapnya.

Pihaknya juga melakukan terobosan baru dengan melaksanakan Diklat dan orientasi kepada para siswa dan relawan, sehingga siap membantu tugas kemanusiaan PMI, khususnya di bumi dalihan Natolu Kabupaten Paluta.

"Ini arahan dari Ketua PMI Paluta. PMI bukan hanya donor darah, tapi terpenting memberikan manfaat bagi orang banyak,” pungkasnya.

(ONG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi