Jalinsum Sosa Rusak Parah dan Kerap Sebabkan Kendaraan Rusak

Jalinsum Sosa Rusak Parah dan Kerap Sebabkan Kendaraan Rusak
Truk bermuatan TBS Sawit terjebak ke dalam lubang badan Jalinsum Palas Sosa yang rusak parah (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Padanglawas - Kondisi badan Jalan lintas Sumatera Utara (Sumut) di titik Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa Kabupaten Padanglawas (Palas), pada saat musim penghujan keadaannya semakin membahayakan bagi pengguna jalan.

Malah akibat buruknya badan jalan berpotensi membuat kendaraan yang melintas rusak dan terjebak dalam lubang yang dalam.

Pantauan wartawan pada Rabu (15/11), terlihat satu unit truk bermuatan tandan buah segar (TBS) sawit dari arah Sibuhuan menuju Sosa terjebak di Jainsum Palas Pasar Ujung Batu Sosa yang berlubang dan tergenang air hujan. Akibatnya truk terhenti seketika dan kian mengganggu arus lalu lintas.

Sebelumnya, menurut warga setempat, telah berulang kali terjadi kecelakaan dan kerusakan pada kendaraan yang melintasi badan jalan rusak parah, yang kondisinya menciptakan 3 lubang besar dan dalam di badan jalan tersebut.

"Pagi tadi, di lubang Jalinsum ini dipenuhi buah sawit yang berserak dari truk yang melintas. Kemarin-kemarin, teum dan mobil yang melintas mengalami patah per dan kerusakan pada bagian as pikul," ungkap A Daulay, warga sekitar.

Senada itu, Darman, seorang pengguna jalan yang ditanyai wartawan mengatakan, kondisi kerusakan parah pada badan Jalinsum Palas Sosa ini sudah berlangsung lama, dan sudah berulang kali ditimbun material sirtu untuk menutupi lubang jalan yang rusak parah.

"Akan tetapi, saat hujan turun, material sirtu hanyut terbawa air hujan yang deras," katanya.

Ia meminta Pemkab Padanglawas harus segera bertindak cepat untuk segera memperbaiki jalan tersebut sebelum lebih banyak korban yang berjatuhan.

Camat Sosa, Asrin Kholid Daulay, S. Sos saat ditemui wartawan, membenarkan keadaan dan kondisi badan Jalinsum di titik Pasar Ujung Batu yang mengalami kerusakan parah tersebut, dan pihaknya juga sudah berulang kali melakukan penimbunan badan jalan dengan menggunakan material sirtu, untuk alternatif perbaikan jalan agar arus lalulintas tidak terganggu.

Untuk kejadian insiden seperti beberapa truk yang terjebak di dalam lubang jalan, kata Asrin, pihaknya kerja sama instansi terkait untuk mengerahkan alat berat membantu teuk yang terperosok ke dalam lubang, agar bisa ditarik dengan menggunakan alat berat.

Terpisah, Kepala UPT Bina Marga Gunungtua Rasuli Siregar ketika dikonfirmasi terkait Jalinsum yang rusak di Sosa, katanya akan segeta di hotmix.

"Lagi proses nanti pengaspalannya sampai kesana," katanya.

(ATS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi