Keseruan Fun Run Srilelawangsa 6K, KAI Bandara Ajak Masyarakat Naik Kereta Api

Keseruan Fun Run Srilelawangsa 6K, KAI Bandara Ajak Masyarakat Naik Kereta Api
Keseruan Fun Run Srilelawangsa 6K, KAI Bandara Ajak Masyarakat Naik Kereta Api (Analisadaily/Reza Perdana)

Analisadaily.com, Binjai - PT Railink atau KAI Bandara sejak 1 September 2023 mengoperasikan perjalanan KA Srilelawangsa relasi Kuala Bingei-Binjai-Medan pulang pergi.

Untuk mengenalkan kepada masyarakat, PT Railink atau KAI Bandara melaksanakan kegiatan Fun Run KA Srilelawangsa 6K, dengan Start/Finish di Stasiun Binjai, Jumat (17/11). Kegiatan ini dilaksanakan dan diikuti masyarakat secara gratis.

Direktur Operasi dan Teknik PT Railink, Eko Windu Widio Purnomo mengatakan, dengan adanya event Fun Run Srilelawangsa 6K ini, PT Railink atau KAI Bandara mengajak masyarakat bergembira menikmati Kota Binjai, sekaligus memperkenalkan dan mengajak masyarakat naik KA Srilelawangsa.

“Kegiatan Fun Run Srilelawangsa 6K ini diikuti seluruh lapisan masyarakat, baik yang di lingkungan Kota Binjai, bahkan banyak yang berasal dari Medan,” kata Eko Windu.

Dijelaskan Eko Windu, sejak 1 September 2023, pengelolaan Kereta Api Srilelawangsa, yang sebelumnya dikelola Kereta Api Indonesia (Persero) Divre 1 Sumatera Utara (Sumut), telah dialihkan pengelolaannya ke PT Railink atau KAI Bandara.

“Serta diperpanjangnya rute ke stasiun Bandara Kualanamu dengan menggunakan KRDE Woojin,” jelasnya.

Diterangkan Eko Windu, rangkaian Kereta Api Srilelawangsa relasi Medan-Kuala Bingai diganti yang awalnya menggunakan kelas ekonomi, menjadi kelas ekonomi premium. Hal ini bentuk transformasi dengan kemajuan era digital dan teknologi, sehingga layanan Kereta Api Srilelawangsa menggunakan sistem ARTS (Airport Railways Ticket System).

“Dan memberikan fasilitas yang nyaman dan aman bagi pengguna setia kereta api, khususnya KA Srilelawangsa,” sebutnya.

Kereta Api Srilelawangsa pertama kali beroperasi pada 6 Maret 2010 dengan menggunakan rangkaian Kereta Rel Diesel Indonesia (KRDI). Pada 5 Januari 2022, rute kereta api ini diperpanjang dari yang awalnya Medan—Binjai dan sebaliknya, menjadi Medan—Binjai—Kuala Bingai dan sebaliknya.

Terdapat 10 perjalanan setiap harinya, di mana 2 perjalanan di antaranya adalah kereta api dengan relasi Medan—Kuala Bingai pulang pergi dan 8 sisanya adalah Medan—Binjai pulang-pergi.

Saat ini perjalanan KA Srilelawangsa diperpanjang perjalanannya dari stasiun Kuala Bingai sampai dengan Bandara Kualanamu, sehingga dapat mempermudah akses transportasi publik untuk memenuhi kebutuhan dan dapat menjadi salah satu faktor kemajuan.

Penambahan lintas pelayanan Sri Lelawangsa ini diharapkan dapat mengakomodir demand penumpang serta mendorong minat masyarakat untuk memanfaatkan transportasi publik, baik dari maupun menuju Kota Medan.

Selain itu, perpanjangan layanan ini akan menjamin kemudahan masyarakat untuk mengakses Bandara Internasional Kualanamu. KA Sri Lelawangsa akan melayani penumpang dengan menggunakan sarana kereta api bandara, untuk relasi dari Stasiun Kuala Bingai menuju Stasiun Bandara Kualanamu.

Untuk relasi dari Stasiun Kuala Bingai menuju Bandara Internasional Kualanamu, KA Srilelawangsa sendiri memakai kereta bandara produksi Woojin dari Korea Selatan.

"Tiket KA Sri Lelawangsa dapat dibeli via aplikasi KA Bandara, aplikasi Access by KAI, di www.railink.co.id, serta pembelian langsung di stasiun melalui mesin tiket," jelasnya.

(RZD/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi