Aquabike Jetski World Championship 2023, 100 Rider Siap Meramaikan

Aquabike Jetski World Championship 2023, 100 Rider Siap Meramaikan
Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kemenko Marves Cosmas Harefa, Kadisbudpar Sumut Zumi Sulthony, Bupati Karo Cory Sebayang dan Dirut BPODT Jimmy Bernando Panjaitan saat konferensi pers. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Lebih dari 100 rider yang berasal dari 22 negara siap bersaing dalam ajang Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba, Sumatera Utara pada 22-26 November 2023.

Maya Watono selaku Direktur Pemasaran PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney yang dipercaya menjadi penyelenggara Aquabike Jetski World Championship 2023 mengatakan ada lima rider nasional yang juga mengikuti ajang kali ini.

“Jadi ada lebih dari 100 pebalap yang ikut serta dengan total kru 300. Para pebalap akan mulai berdatangan ke Danau Toba melalui Bandara Kuala Namu dan Silangit mulai 18 November,” tutur Maya dalam konferensi pers di Pos Bloc Medan, Jumat (17/11).

Maya melanjutkan, ini adalah pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah event Aquabike Jetski World Championship. Pemerintah pusat, seperti Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian PUPR, serta pemerintah daerah turut andil dalam mempersiapkan ajang ini.

Selain itu, akan digelar side event berupa pesta rakyat selama 5 hari pelaksanaan. Pesta rakyat ini akan menampilkan kuliner dari para UMKM, atraksi, dan pertunjukan budaya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo yang hadir secara online mengaku optimistis Aquabike Jetski World Championship mampu mendongkrak pariwisata Indonesia khususnya Sumatera Utara sebagai tuan rumah. “Kita akan terus menggelar even-even yang bersifat sport tourism seperti ini,” kata Menpora.

Menpora menambahkan even perpaduan olahraga dan pariwisata seperti sport entertainmen akan terus digelorakan, sehingga ke depannya tidak lagi olahraga hanya mengandalkan prestasi semata. “Even-even olahraga harus mampu memberikan multiplayer efek bagi daerah tempat kegiatan itu digelar,” ucapnya.

“Ketika itu, seluruh maskapai penerbangan juga meningkat signifikan, hotel dan penginapan di wilayah itu penuh, masyarakat juga membludak menyaksikan even itu,” ucapnya.

Hadir langsung dalam konferensi pers Aquabike Jetski World Championship di antaranya Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Cosmas Harefa, mewakili Pj Gubernur Sumut Hassanuddin, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Zumi Sulthony, Bupati Karo Cory Sebayang dan Dirut BPODT Jimmy Bernando Panjaitan.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Zumi Sulthony SSos mengatakan sejumlah even internasional yang digelar di Sumut merupakan anugrah bagi daerah ini. “Even-even tersebut diharap memberi dampak luar biasa bagi Sumut. Pada bulan November ini juga akan digelar Rally Asia Pasifik,” ujar Zumi.

(REL/BR)

Baca Juga

Rekomendasi