Singapura dan Zurich Duduki Peringkat Kota Termahal di Dunia

Singapura dan Zurich Duduki Peringkat Kota Termahal di Dunia
Sungai Limmat dan kota terlihat dini hari di Zurich, Swiss 21 Maret 2023. (Reuters/Denis Balibouse/File Foto)

Analisadaily.com, Hong Kong - Singapura dan Zurich menduduki peringkat kota termahal di dunia tahun ini, disusul Jenewa, New York, dan Hong Kong. Economist Intelligence Unit (EIU) menyatakan itu pada Kamis (30/11) ketika mereka memperingatkan bahwa biaya global akan sangat mahal, krisis hidup belum berakhir.

"Rata-rata, harga telah meningkat sebesar 7,4% tahun ke tahun dalam mata uang lokal untuk lebih dari 200 barang dan jasa yang umum digunakan, turun dari rekor kenaikan sebesar 8,1% tahun lalu namun masih "jauh lebih tinggi dibandingkan tren pada tahun 2017-2021," katanya dalam sebuah laporan.

Dilansir dari Reuters, Singapura kembali menduduki peringkat teratas untuk kesembilan kalinya dalam sebelas tahun terakhir karena tingginya tingkat harga di beberapa kategori.

Negara kota ini memiliki harga transportasi tertinggi di dunia, berkat kontrol ketat pemerintah terhadap jumlah mobil. Ini juga termasuk yang paling mahal untuk pakaian, bahan makanan, dan alkohol.

Kenaikan Zurich mencerminkan kekuatan franc Swiss dan tingginya harga bahan makanan, barang-barang rumah tangga dan rekreasi.

Jenewa dan New York berada di peringkat ketiga, sedangkan Hong Kong di peringkat kelima dan Los Angeles di peringkat keenam.

"Rata-rata kenaikan harga di Asia masih relatif lebih rendah dibandingkan wilayah lain," katanya.

Kota-kota di Tiongkok mengalami penurunan peringkat, dengan empat kota – Nanjing, Wuxi, Dalian dan Beijing – termasuk kota-kota yang mengalami penurunan peringkat terbesar tahun ini bersama dengan Osaka dan Tokyo di Jepang.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi