Haul ke-100 Tuan Guru Babussalam Dihadiri Ribuan Jemaah, Ada dari Luar Negeri

Haul ke-100 Tuan Guru Babussalam Dihadiri Ribuan Jemaah, Ada dari Luar Negeri
Haul ke-100 Tuan Guru Babussalam Dihadiri Ribuan Jemaah, Ada dari Luar Negeri (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Besilam - Ribuan jemaah menghadiri Haul ke-100 atau 1 abad Tuan Guru Babussalam Syeikh Abdul Wahab Rokan di Besilam, Kecamatan Pandang Tualang, Kabupaten Langkat.

Jemaah dari berbagai daerah baik dari Provinsi Sumatera Utara maupun dari provinsi lain bahkan dari luar negeri seperti Malaysia dan lainnya datang melaksanakan zikir bersama, berziarah dan bersilaturahmi dengan pengurus Tuan Guru Babussalam.

Plt. Bupati Langkat Syah Afandin, berterima kasih kepada Tuan Guru Babussalam Syekh Abdul Wahab Rokan, di mana sampai hari ini masih memberikan manfaat, khususnya kepada masyarakat Langkat.

"Luar biasa setiap tahun memperingati Haul ini, Alhamdulillah jumlah pengunjung semakin banyak, ini karena beliau bernazar semakin mudah akses masyarakat untuk kami," ujar Afandin, Selasa (5/12).

Sebentar lagi jalan tol akan dibuka, sebut Afandin, untuk ke Babussalam ini jadi untuk tamu-tamu dari luar daerah Kabupaten Langkat sangat mudah aksesnya.

"Saya mengucapkan selamat datang di Kabupaten Langkat kepada seluruh tamu dan jemaah yang berhadir. Harapan saya tetaplah apa yang sudah menjadi cita-cita bisa tercapai dan tidak boleh ada kontaminasi politik di sini," ungkapnya.

Afandin juga berharap semuanya tetap diridai Allah dan mendapatkan karunia yang terus menerus.

Tuan Guru Babussalam Langkat, Syekh Dr. Zikmal Fuad, menyampaikan pada tahun 1879, Syeikh Abdul Wahab mendapatkan wakaf sebidang tanah yang terletak di wilayah Langkat dari Sultan Langkat, yaitu Sultan Musa al-Muazzam Syah Pada tahun 1883.

Tanah ini seluas 131,5 Ha, kemudian membangun sebuah perkampungan baru lengkap dengan masjid dan pesantren. Perkampungan tersebut semakin berkembang dan diberi nama Kampung Babussalam (pintu keselamatan).

"Perkembangan Babussalam ini dari tahun ke tahun semakin meningkat. Mudah mudahan perkembangan kampung ini diridai dan dirahmati Allah SWT. Atas nama tuan guru Babussalam kami mengucapkan banyak terima kasih untuk semua karena berkenan hadir di majelis ini dan mohon maaf kami apabila ada kekurangan baik tempat maupun fasilitas yang ada," ujarnya.

Sejarah singkat Tuan Guru Syeikh Abdul Wahab Rokan, lahir 28 September 1811 di Kampung Danau Runda, Rantau Binuang Sakti, Nagari Tinggi , Kabupaten Kampar, Riau dan meninggal pada 27 Desember 1926 di Besilam pada umur 115 tahun.

Sekarang Tuan Guru Babussalam dipimpin Syekh Dr. Zikmal Fuad, MA yang merupakan Tuan Guru Babussalam ke-13 sejak Tuan Guru pertama Syekh H Abdul Wahab Rokan Al Khalidi Naqsabandi.

(HPG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi