Dukung Kerjasama Indonesia-Malaysia, RS PHCM Laksanakan Pemeriksaan CPMI

Dukung Kerjasama Indonesia-Malaysia, RS PHCM Laksanakan Pemeriksaan CPMI
Tim RS PHCM diabadikan (Analisa/istimewa)

Analisadaily.com, Medan- RS Prima Husada Cipta Medan (PHCM) mendapat kepercayaan dari Kedutaan Besar Malaysia dalam bentuk rekomendasi untuk melakukan pemeriksaan kesehatan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) tujuan Malaysia.

Hal ini didukung dengan rekomendasi menjadi panel Foreign Workers Contained Management System (FWCMS). Rekomendasi yang telah diberikan ditindaklanjuti dengan kunjungan visitasi oleh Penasihat Kedutaan (Buruh) ke Rumah Sakit Prima Husada Cipta Medan.

Pada kegiatan ini, hadir Plt. Direktur Utama PT Prima Husada Cipta Medan, Aprilla Dwison beserta jajaran manajemen dan Penasihat Kedutaan (Buruh) Kedutaan Besar Malaysia untuk Jakarta, Ibu Nurul Jiana Binti Mohd Jamel. Hadir juga Wakil Ketua DPRD Kota Medan, H. T. Bahrumsyah, S.H., M.H, dan Kepala BP3MI Sumatera Utara, Harold Hamonangan.

Kunjungan ini juga menjadi langkah dukungan mempererat hubungan antar Indonesia dan Malaysia. Rekomendasi menjadi panel FWCMS dari Kedutaan Besar Malaysia tentunya menjadi bukti kelayakan RS PHC Medan dalam melaksanakan pemeriksaan calon pekerja migran. Pemeriksaan valid dengan layanan terbaik dari RS PHC Medan memastikan CPMI tujuan Malaysia dipastikan dalam kondisi sehat dan produktif.

Sebelumnya, RS PHC Medan pun telah menjalin kerjasama dengan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) untuk program Goverment to Government dan melaksanakan audiensi pada Konjen Malaysia di Medan untuk melaksanakan pemeriksaan CPMI tujuan Malaysia.

Dari segi fasilitas pemeriksaan, klinik dan laboratorium RS PHC Medan telah menerima Sertifikat Penetapan Mutu Eksternal (PME) dari Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan pada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. RS PHC Medan juga memiliki izin pemeriksaan tenaga kerja dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

“Kami siap menerima kepercayaan yang diberikan oleh Kedutaan Besar Malaysia untuk menjadi panel FWCMS agar dapat melakukan pemeriksaan kesehatan bagi CPMI negara tujuan Malaysia,” jelas Plt. Direktur Utama PT Prima Husada Cipta Medan, Aprilla Dwison, Kamis (7/12/2023).

Rekomendasi yang diberikan tentu saja melalui pertimbangan dari segala aspek termasuk fasilitas dan kesiapan "Kesiapan RS PHC Medan serta dari hasil visitasi yang kami lakukan pada hari ini,” tambah Penasihat Kedutaan (Buruh) Kedutaan Besar Malaysia, Nurul Jiana Binti Mohd Jamel.

Komitmen RS PHC Medan dalam memberikan pelayanan pemeriksaan terbaik dan tervalidasi ini menjadi bukti kesiapan RS PHC Medan dalam mendukung kemajuan hubungan bilateral Indonesia yang berdampak pula pada kemajuan perekonomian. Kerja sama ini diharapkan mampu memperluas kesempatan pekerja asal Indonesia untuk berkarya di Malaysia, sekaligus mempererat hubungan baik antar negara.

Baca Juga

Rekomendasi