Dinas Pendidikan Provinsi Sumut Raih Penghargaan Nasional

Dinas Pendidikan Provinsi Sumut Raih Penghargaan Nasional
Dinas Pendidikan Provinsi Sumut Raih Penghargaan Nasional (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Keseriusan Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Hassanudin menciptakan lingkungan sekolah yang sejuk aman damai membuahkan hasil.

Dinas Pendidikan Provinsi Sumut menjawab keseriusan Pj Gubsu Hassanudin dengan mempersembahkan kado akhir tahun berupa penghargaan Apresiasi Cerdas Berkarakter untuk kategori Pemerintah Daerah Inspiratif Implementasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Jakarta, pada Jumat, 15 Desember 2023

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumut, Asren Nasution menyampaikan, penghargaan ini merupkan hasil dari buah dorongan dan spirit Pj Gubsu Hassanudin.

“Kami diperintahkan turun lansung, lihat langsung ke sekolah bagaimana proses implementasi anti perundungan itu berlangsung. Tiga dosa besar di satuan pendidikan wajib ditiadakan, yaitu bullyimg perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi,” sebutnya, dalam keterangan Minggu (17/12).

Diungkapkan Asren, pihaknya sudah membentuk tim untuk menghapus itu. Pihaknya sudah punya lebih 1000 fasilitator, sehingga seluruh sekolah sudah punya tim untuk pencegahan penanggulangan kekerasan di sekolah, dan sudah berjalan secara serentak serta didukung dengan ketersediaan anggaran.

“Untuk mengawal kegiatan ini juga sudah kita alokasikan sesuai kemampuan keuangan daerah,” ungkapnya.

Para kepala daerah di kabupaten/kota, Forkopimda, TNI, Polri, BNN, semua sudah berkomitmen bersama menciptakan sekolah sehat, sekolah aman, sekolah damai, sekolah bersinar bersih narkoba.

Dinas Pendidikan Provinsi Sumut juga meraih penghargaan nasional berupa Penghargaan Vokasi sebagai Pelaksana Terbaik Penulusuran Tamatan SMK dari Kementertian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Jakarta, pada 11 Desember 2023.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi