Antisipasi Penumpukan, Penumpang Pesawat Diimbau Hindari Pulang 2 Januari 2024

Antisipasi Penumpukan, Penumpang Pesawat Diimbau Hindari Pulang 2 Januari 2024
Kepala Otoritas Bandara (Ka Otban) Wilayah II Medan, Sokhib Al Rokhman (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Kualanamu - Kepala Otoritas Bandara (Ka Otban) Wilayah II Medan, Sokhib Al Rokhman, mengimbau masyarakat yang hendak arus balik mudik liburan Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) menghindari pulang di tanggal 2 Januari 2024.

Sebab, pada tanggal tersebut diprediksi akan terjadi penumpukan puncak arus balik mudik Nataru.

"Kami dari Otban Wilayah II mengimbau masyarakat agar menghindari pulang di tanggal 2 Januari 2024, kalau bisa menyebar, karena akan terjadi penumpukan jika pulang serentak di tanggal tersebut," kata Ka Otban Wilayah II Medan, Sokhib Al Rokhman, Kamis (28/12).

Sokhib yang membawahi 33 Bandara Udara (Bandara) di 4 wilayah provinsi, yakni Aceh, Sumut, Riau, dan Kepri, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengguna jasa transportasi udara, khususnya di Bandara Kualanamu.

Sejak dibuka Posko Nataru pada 18 Desember 2023 hingga hari ini, masyarakat atau penumpang bisa melaksanakan angkutan udara secara tertib, disiplin, dan tidak ada hal-hal kejadian menonjol.

“Ini tidak mungkin berjalan dengan baik tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat, dan kami di komunitas Bandara Kualanamu bergandeng erat seluruh kementerian dan lembaga, dan stakeholder yang ada di Kualanamu untuk menyukseskan kegiatan Nataru ini berjalan baik,” sebutnya.

“Sebagai catatan, sebelumnya kita mengalami arus puncak pada tanggal 23 Desember 2023. Kita mencapai rekor 28.775 penumpang dalam satu hari ini sudah melebihi kapasitas Bandara Kualanamu. Sebab, Kualanamu sendiri kapasitasnya cuma 20 ribu,” sambungnya.

Sedangkan penerbangan mencapai 219 penerbangan yang melayani. Kemudian mengalami penurunan hingga hari ini melandai sekitar 18 ribu. Namun demikian untuk arus balik sudah diantisipasi dengan mengerahkan seluruh personel yang ada di Kualanamu untuk siap melayani arus balik penumpang.

“Sebab kita punya tagline terbang aman liburan nyaman, mudah-mudahan ini bisa berjalan berkat dukungan semua pihak,” pungkasnya.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi