Sepak Bola Dunia Berduka, Franz Beckenbauer Meninggal Dunia

Sepak Bola Dunia Berduka, Franz Beckenbauer Meninggal Dunia
Sepak Bola Dunia Berduka, Franz Beckenbauer Meninggal Dunia (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jerman - Sepak bola dunia berduka. Setelah legenda Brasil, Mario Zagallo, kini mantan pemain bertahan ternama Jerman, Franz Beckenbauer, tutup usia pasa Senin 8 Januari 2024 waktu setempat.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (9/1), kepergian pria berjuluk Der Kaiser ini diumumkan pihak keluarga. Beckenbauer meninggal dunia pada usia 78 tahun. Beckhenbauer pergi setelah mengalami sakit akhir pekan kemarin.

"Dengan kesedihan yang mendalam kami mengumumkan bahwa suami dan ayah, Franz Beckenbauer, meninggal dunia dengan damai dalam tidurnya kemarin, Minggu, dikelilingi oleh keluarganya. Kami meminta Anda bisa berduka dalam diam dan menahan diri untuk tidak bertanya apa pun," demikian pernyataan resmi keluarga besar Beckenbauer.

Beckenbauer dikenal sebagai salah satu pemain belakang tersukses sepanjang sejarah. Dia pernah membawa Jerman Barat juara Piala Dunia 1974 saat mengalahkan Belanda di partai final.

Beckenbauer awalnya merupakan pemain gelandang, namun transformasi ke pertahanan membuatnya sukses besar. Total Beckenbauer main 103 kali bersama timnas Jerman dengan koleksi 14 gol dan 10 assists.

Gelar bergengsi lain yang didapat Beckenbauer selama membela Jerman adalah Euro 1972. Di tahun yang sama Beckenbauer memenangi penghargaan Ballon d'Or pertamanya. Total 2 kali Beckenbauer merebut Ballon d'Or sepanjang kariernya.

Di level klub, Beckenbauer juga sukses besar di Bayern Munchen. Bermain 13 tahun dari 1964 sampai 1977, Beckenbauer mampu menyumbang tiga gelar juara Eropa, empat Bundesliga dan empat DBL Pokal ditambah satu Piala Intercontinental.

Bersama Die Roten, Beckenbauer menyumbang 74 gol dan 75 assists dalam 582 pertandingan. Kisah sukses Beckenbauer berlanjut saat pindah ke Amerika Serikat bersama New York Cosmos. Disana, Beckenbauer selalu juara North American Soccer League dalam tiga musim.

Mudik ke Jerman, Beckenbauer memutuskan memperkuat Hamburger SV. Lagi-lagi kehadiran Beckenbauer memberi keberuntungan. Hamburger sukses juara Bundesliga 1982.

Kegemilangan sebagai pemain berlanjut ketika Beckenbauer banting stir menjadi pelatih. Dia mampu membawa Jerman juara Piala Dunia 1990 dan runner-up empat tahun sebelumnya. Di Euro, Beckenbauer membantu Jerman juara ketiga di tahun 1988.

Di level klub, Beckenbauer juga sukses meraih gelar juara Ligue 1 bersama Olympieque Marseille dan Bundesliga serta Piala UEFA ketika memoles Bayern Munchen.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi