Pelantikan PD Angkatan Putri Al-Washliyah Dairi

Dedi Iskandar Batubara Minta Jadikan Organisasi Wadah Layani Umat

Dedi Iskandar Batubara Minta Jadikan Organisasi Wadah Layani Umat
Dedi Iskandar Batubara saat menghadiri Pelantikan PD Angkatan Putri Alwashliyah Dairi (Analisa/istimewa)

Analisadaily.com, Dairi- Ketua PW Al Jam'iyatul Washliyah (Al-Washliyah) Sumatera Utara (Sumut), Ustaz Dedi Iskandar Batubara menyampaikan pesan kepada jajaran Pengurus Daerah (PD) Angkatan Putri Al-Washliyah Kabupaten Dairi untuk menjadikan organisasi sebagai wadah untuk melayani umat.

Pesan tersebut ia sampaikan dalam kegiatan Pelantikan Pengurus Daerah Angkatan Putri Al-Washliyah Kabupaten Dairi, di Gedung MAN Dairi, Sidikalang, Sabtu (13/1/2024) sore. Hadir diantaranya, Ketua PD Al-Washliyah Dairi Mahyudin Limbong, Ketua PD Al-Washliyah Pakpak Bharat Edh Syahrem Manik, Sekretaris PW Angkatan Putri Al-Washliyah Provinsi Sumatera Utara Zubaidah Khan, Penasehat PD Al-Washliyah sekaligus Ketua MUI Dairi Wahlin Munte, serta para pengurus organ bagian seperti Muslimat, GPA dan IPA Dairi.

Sebelum pelantikan, berlangsung Musyawarah Daerah (Musda) pertama, dimana pertemuan tersebut menghasilkan keputusan, memilih nama Rini Mulyasari sebagai Ketua PD Angkatan Putri Al-Washliyah (APA) Dairi, Yulisa Faijiah Sagala sebagia Sekretaris dan Liyani Azizah Lingga selaku Bendahara, beserta 30-an orang pengurus lainnya.

"Kepada para pengurus Angkatan Putri, jadikan organisasi sebagai tempat yang menggembirakan. Begitu juga dengan programnya, yang ringan saja dan tidak memberatkan kita. Misalnya, membuka majelis ta'lim rutin, mengajar Alquran di kampung-kampung, dan lainnya," ujar Dedi Iskandar Batubara.

Pada intinya lanjut Dedi Iskandar Batubara, berorganisasi adalah tempat berhimpun dan berkumpul. Serta bagaimana kehadirannya bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Karena itu sumber daya manusia (SDM) yang ada, punya potensi untuk menunjukkan kiprah organ bagian Al-Washliyah ini untuk kebaikan umat.

"Program Al-Washliyah tidak lepas dari pendidikan, dakwah dan amal sosial. Apalagi banyak warga Washliyah ini berprofesi guru dan ustadz. Jadi kita yang dibesarkan umat, bagaimana kita membesarkan umat. Itu identitas Al Jam'iyatul Washliyah, dan kemuliaan organisasi," jelas Anggota DPD RI ini.

Yang terpenting kata Dedi Iskandar Batubara, para pengurus perlu menjalankan kerja organisasi, baik sebagai pembelajaran bagi diri sendiri, maupun memperoleh berkah, dimana dalam periode 4 tahun kedepan, melaksanakan program kerja karena Allah.

Sementara Ketua PW APA Sumut Hj Azizah, melalui Sekretaris PW APA Sumut Zubaidah Khan usai melantik jajaran pengurus daerah Kabupaten Dairi, mengungkapkan bahwa proses pemilihan berlangsung cepat, meskipun proses kaderisasi sudah berlangsung sejak lama.

"Selamat kepada semua pengurus yang sudah dilantik. Karena proses pemilihannya sudah seperti melamar anak gadis. Kita sudah berupaya mencari siapa sosok yang bisa membawa bendera Angkatan Putri Al-Washliyah di Dairi. Sebagaimana pada tahun sebelumnya, kami pengurus wilayah mendatangi dan melihat langsung orangnya, yang siap menjalankan amanah," ujar Zubaidah Khan.

Dalam pesannya, Zubaidah pun meminta pada pengurus daerah APA Dairi untuk saling mengisi dan menerima. Sehingga, konsolidasi dapat berjalan harmonis. "Jangan takut berdiskusi, terutama kepada kami pengurus wilayah. Kepada seluruh pengurus, tunjukkan bahwa kita bisa menjadi yang terbaik," sebut Zubaidah.

Usai pelantikan, Ketua terpilih PD APA Dairi, Rini Mulyasari berharap jajarannya bisa menjadikan organisasi ini maju. Dengan modal intelektual, ibadah dan akhlak yang baik, seluruh kader menularkannya untuk masyarakat. Sehingga pihaknya bisa Istiqomah menjalankan roda organisasi.

"Ini tanggung jawab kita semua, menjalankan program organisasi, terutama mengibarkan bendera Angkatan Putri Al-Washliyah di Dairi. Terimakasih kepada semua yang memberikan dukungan, semoga kami bisa menjalankan amanah ini dengan baik," pungkasnya.

Senada dengan itu, Penasehat PD Al-Washliyah yang juga Ketua MUI Dairi, Wahlin Munthe menyebutkan bahwa Al-Washliyah adalah ormas yang mengakar hingga ke pelosok daerah di Sumatera Utara. Apalagi berdiri tahun 1930, di provinsi ini.

"Mari besarkan Washliyah di Dairi, karena ini bagian dari tugas kita. Semoga kehadiran mereka (Angkatan Putri Al-Washliyah) membawa kebaikan bagi umat, dan kemajuan bagi Al-Washliyah," tutupnya.

(NS/BR)

Baca Juga

Rekomendasi