2 Harimau Benggala Lahir di Siantar Zoo

2 Harimau Benggala Lahir di Siantar Zoo
Rahmat Shah perlihatkan 2 anak harimau benggala yang lahir di Siantar Zoo (Analisadaily/Fransius Simanjuntak)

Analisadaily.com, Pematangsiantar - Pimpinan Taman Hewan Pematang Siantar (THPS) atau Siantar Zoo, Rahmat Shah, merasa senang dan bangga atas kelahiran sejumlah satwa yang sama dengan tanggal lahirnya, yaitu 23.

“Sepanjang 2023, banyak satwa yang lahir seperti lahirnya Rolan dan Rolin, 2 anak harimau benggala. Juga bertambahnya fasilitas permainan anak, galeri, kolam renang, toko souvenir, bahkan aneka kuliner dan Kok Tong ada di sini," kata Rahmat, Selasa (16/1).

Dihadapan sejumlah wartawan, Rahmat Shah didampingi Manager Siantar Zoo, Bayu Anggriawan, menjelaskan capaian sepanjang 2023.

Sebagaimana diketahui, Siantar Zoo menjadi ikon Siantar di bawah pengelolaan Rahmat Shah. Tak hanya itu, keberadaannya juga menambah kesejahteraan masyarakat sekitar, bahkan bisa menghidupi keluarga dengan berjualan atau usaha lainnya.

Rahmat yang juga Ketua Perhimpunan Kebun Binatang se-Indonesia (PKBSI) menjelaskan, peran dan fungsi Kebun Binatang adalah sebagai tempat konservasi, pendidikan, riset dan penelitian, juga hiburan (rekreasi).

Dengan luas 3 Ha, Siantar Zoo menjadi Kebun Binatang terbaik se-Indonesia. Memiliki alam dan letak yang baik di tengah Kota Pematangsiantar dengan koleksi satwa lengkap.

Harapannya, seluruh provinsi di Indonesia memiliki Taman Satwa/Kebun Binatang yang lengkap dan baik yang dikelola Pemda/swasta dengan tenaga yang profesional.

Dalam kesempatan tersebut, Rahmat Shah yang telah mendapatkan sejumlah penghargaan dari Presiden RI termasuk penghargaan Bintang Mahaputra Nararya 2020 juga terpilih kembali secara aklamasi menjadi Ketua PKBSI.

"Sudah tahun ke-5 saya dipercaya sebagai Ketua PKBSI, hanya pengabdian, tapi membuat kita bahagia," katanya.

Rahmat Shah juga mengampanyekan Salam Lestari. "Alam telah memberikan kehidupan pada kita, maka kita wajib memberikan kehidupan pada alam," pungkasnya.

(FHS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi