4.898 Satlinmas TPS di Asahan Dikukuhkan

4.898 Satlinmas TPS di Asahan Dikukuhkan
Pengukuhan Satlinmas TPS di Asahan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Kisaran - Bupati Asahan, Surya, mengukuhkan 4.898 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dari 2.449 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Kegiatan berlangsung di Alun-Alun Rambate Rata Raya Kisaran, Selasa (23/1).

Dalam pengukuhan itu, Surya mengatakan, Satlinmas merupakan perpanjangan tangan pemerintah yang berwenang menjaga kondusifitas di TPS masing-masing, baik Desa maupun Kelurahan.

"Dengan adanya Satlinmas sebagai perpanjangan tangan pemerintah, khusus Pemkab Asahan dapat menjaga keamanan di TPS mereka, karena setiap TPS akan ditempatkan dua orang Satlinmas," kata Surya.

Selain sebagai pelindung masyarakat, lanjut Surya menerbangkan, baik dalam penanganan maupun pengurangan resiko bencana, Satlinmas juga memiliki peran strategis dalam memelihara keamanan, ketentraman, ketertiban masyarakat, pada saat pemilihan.

"Peran Linmas ini sangatlah penting dalam membantu upaya pertahanan negara, maupun pada Pemilu 2024 ini yang berlangsung pada 14 Februari 2024," jelasnya.

Surya berharap anggota Satlinmas dapat mengambil bagian dalam membantu TNI-Polri dalam menjaga keamanan, ketentraman dan ketertiban umum serta pencegahan tindakan kriminal.

"Saya berpesan kepada seluruh anggota Satlinmas yang dikukuhkan dapat menciptakan situasi di masyarakat yang tentram dalam menghadapi tahun politik saat ini," ujarnya.

Dan selalu tanggap dalam menghadapi setiap situasi yang terjadi serta mengedepankan tugas sebagai pelindung masyarakat dan bangun budaya gotong royong serta selalu menjaga kebersamaan sehingga citra Linmas diakui dan dipercaya masyarakat.

"Saya yakin anggota Satlinmas yang dikukuhkan ini bisa memahami tugasnya dengan semangat, dedikasi dan komitmen yang tinggi, Satlinmas Desa dan Kelurahan akan mampu menjalankan tugas dengan baik dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat," ujarnya.

"Selamat kepada anggota Satlinmas yang baru saja saya kukuhkan, semoga pemilu yang akan diselenggarakan tanggal 14 Februari 2024 mendatang bisa berjalan dengan kondusif dan aman," ucapnya.

(ARI/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi