5 Taktik Kembangkan E-commerce dengan Social Proof

5 Taktik Kembangkan E-commerce dengan Social Proof
Ilustrasi. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Berbagai faktor termasuk kemajuan teknologi, perubahan perilaku konsumen, meningkatnya penetrasi internet dan lain sebagainya membuat e-commerce menjadi andalan masyarakat dalam berbelanja online. Tidak heran jika kemudian banyak pengusaha yang membuka toko di e-commerce.

Namun, tidak hanya sebatas itu saja, e-commerce perlu dikembangkan di tengah persaingan pasar online yang kian ketat. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan social proof.

Menurut Wikipedia, social proof atau pengaruh informasi sosial adalah sebuah fenomena psikologis dan sosial di mana orang meniru tindakan orang lain dalam memilih bagaimana berperilaku dalam situasi tertentu.

Hal ini dapat menjadi alat yang ampuh untuk menggaet konsumen dan membuat e-commerce Anda menjadi tumbuh dan berkembang dengan pesat.

Berikut adalah 5 cara mengembangkan e-commerce menggunakan social proof yang bisa Anda praktekkan :

  1. Ulasan dan Peringkat Pengguna

Dalam beberapa tahun terakhir, hampir 70% dari pembeli online melakukan pengecekan ulasan toko sebelum mereka memutuskan untuk membeli.

Saat ini, 92% konsumen membaca ulasan online, dan 80% pembeli memercayai ulasan seperti halnya rekomendasi pribadi.

Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa semakin banyak situs web yang menampilkan ulasan dan penilaian online sebagai bentuk social proof.

Pastikan untuk menyertakan bagian ulasan dan penilaian di toko online Anda. Dorong pembeli Anda untuk memberikan ulasan dengan memberikan motivasi, seperti hadiah atau voucher diskon.

  1. Memanfaatkan Media Sosial

Pada tahun 2027, diperkirakan jumlah pengguna media sosial akan mencapai hampir enam miliar.

Ini merupakan peluang besar untuk memanfaatkan kekuatan platform media sosial ini sebagai alat menciptakan social proof.

Kehadiran di media sosial tidak hanya berarti memiliki audiens yang secara alami membicarakan produk Anda, tetapi juga menciptakan konten buatan pengguna (UGC) setiap kali ada pembicaraan atau postingan tentang merek atau produk Anda.

UGC merupakan berbagai bentuk konten baik tulisan, video, foto, review, dan lainnya yang dibuat oleh seseorang seperti konsumen, pelanggan, atau bahkan followers.

  1. Menampilkan Ulasan Ahli

Ulasan pengguna dan ulasan para ahli memiliki pengaruh yang berbeda terhadap calon pembeli. Ulasan ahli, terutama jika berasal dari pakar industri yang diakui, dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk mempengaruhi konsumen agar membeli.

Contoh seperti rekomendasi dari dokter gigi terhadap pasta gigi untuk gigi sensitif atau dokter kandungan yang mengakui pembalut wanita tertentu menunjukkan dampak signifikan dari ulasan ahli dalam membentuk persepsi dan keputusan konsumen.

Anda bisa menghubungi profesional yang relevan dengan produk dan mengumpulkan rekomendasi dari mereka.

  1. Sertakan Testimoni Pelanggan

Berbeda dengan ulasan pengguna, testimonial memiliki pengaruh yang lebih besar untuk calon pelanggan.

Testimonial adalah alat efektif yang membantu mengesahkan bisnis dan merek Anda. Kesaksian ini cenderung lebih meyakinkan dan efektif, terutama untuk produk atau layanan yang memiliki harga tinggi atau pembelian yang tidak berwujud.

Testimonial dapat berbentuk tulisan atau video, dan video membawa unsur kemanusiaan yang menarik, memberikan keberlanjutan yang efektif dalam meyakinkan calon pembeli.

Untuk bisa memperoleh testimoni yang efektif dari konsumen, pastikan Anda jangan memalsukan kesaksian, mengajukan pertanyaan yang tepat dan edit tulisan atau video semenarik mungkin untuk dibaca atau dilihat.

  1. Manfaatkan Media Berita Online

Media berita online dapat memberikan sejumlah manfaat untuk mengembangkan social proof, terutama dalam konteks bisnis dan personal branding.

Audiens yang besar dari media berita online membuat muncul di berita online dapat memberikan eksposur yang signifikan bagi bisnis dalam membantu membangun kesadaran dan visibilitas yang diperlukan untuk mengembangkan social proof.

Ini dapat dianggap sebagai bentuk endorsement, yang dapat meningkatkan keyakinan konsumen atau audiens terhadap keaslian dan keberhasilan bisnis Anda.

Anda bisa melakukan publikasi release untuk menerbitkan informasi seputar toko e-commerce Anda.

Jika Anda kesulitan melakukannya, agensi digital spesialis penerbitan press release Publikasimedia dapat membantu Anda melakukannya dengan praktis, efisien dan terpercaya.

Melalui kerjasama resmi yang dilakukan Publikasimedia dengan lebih dari 2000 media berita online baik daerah maupun nasional, Anda akan lebih leluasa untuk meraih target pembaca atau target pasar Anda melalui artikel press release yang diterbitkan.

Dalam era e-commerce yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dan perubahan perilaku konsumen, memanfaatkan berbagai strategi social proof bukan hanya bisa untuk mengembangkan e-commerce, namun juga menjadi strategi esensial untuk memenangkan persaingan pasar online yang ketat.

Bagaimana? apakah Anda akan mempraktekkan cara-cara mengembangkan e-commerce menggunakan social proof diatas ?

Apakah Anda juga tertarik dengan penerbitan press release?

(BR)

Baca Juga

Rekomendasi