Kakanwil Kemenagsu Minta Pelayanan Haji Harus Optimal dan Berkualitas

Kakanwil Kemenagsu Minta Pelayanan Haji Harus Optimal dan Berkualitas
Kakanwil Kemenagsu, Ahmad Qosbi, saat meresmikan PLHUT Kantor Kementerian Agama Tapanuli Tengah (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tapteng - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Ahmad Qosbi, meresmikan Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kementerian Agama Tapanuli Tengah, Selasa (30/1).

Turut hadir dalam peresmian gedung, Kepala Kantor Kemenag Tapanuli Tengah, Julsukri Mangandar Limbong, beserta jajarannya, para ASN Kemenag Tapteng, Ketua MUI Tapanuli Tengah, Perwakilan Ormas Islam, dan warga sekitar gedung.

Dalam sambutannya Kakanwil Kemenagsu menyampaikan agar pelayanan haji dan umrah di Tapanuli Tengah semakin optimal dan berkualitas.

“Pembangunan PLHUT harus kita syukuri bersama karena mempermudah masyarakat pada kebutuhannya untuk mengurus segala yang berhubungan dengan haji dan umrah,” ucapnya.

Ia juga mengatakan agar ASN Kemenag Tapanuli Tengah segera mempersiapkan diri untuk melakukan sosialisasi terkait keberangkatan haji tahun ini.

“Hidupkan Gedung PLHUT ini dengan serangkaian layanan dan sosialisasi perkembangan informasi haji terkini, terutama terkait keberangkatan tahun ini. Beri keterangan yang lengkap dan detail kepada calon jemaah haji, maksimalkan manasik secara rutin,” tambahnya.

Kakanwil Kemenagsu mengungkapkan beberapa waktu yang lalu Gus Men melakukan MoU dengan Pemerintah Arab Saudi terkait pelayanan haji 1445 H/2024 M.

“Salah satu hasilnya, kita mendapatkan kuota terbesar sepanjang sejarah yaitu 241 ribu jemaah haji. Kemudian kesepakatan antara Kementerian Agama RI dan Pemerintah Arab Saudi adalah mengupayakan agar jemaah haji Indonesia mendapatkan tempat terbaik di Arab Saudi,” ungkap Qosbi.

“Layanan fast track akan memudahkan jemaah haji dalam proses pengecekan dokumen keimigrasian, seperti visa dan paspor. Fast track ini dinilai penting agar jemaah haji yang datang ke Arab Saudi sudah tidak melalui proses imigrasi. Hal tersebut akan sangat membantu jemaah haji Indonesia untuk mengurangi kelelahan setelah melakukan perjalan panjang dari Tanah Air,” tambahnya.

Selain itu, ia meminta kepada seksi penyelenggaraan Haji dan Umrah untuk mengingatkan jemaah agar melakukan istitoah di fasilitas kesehatan masyarakat masing-masing. Selain itu Kakanwil Kemenagsu meminta jemaah agar segera melunasi biaya hajinya.

“Saya mengimbau jemaah untuk segera melakukan pelunasan. Untuk itu, perlu segera melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Sebab, istithaah kesehatan haji mulai tahun ini menjadi syarat pelunasan,” imbuhnya.

Dalam momen itu juga Kakanwil Kemenagsu memberikan zakat profesi Kemenag Tapteng kepada warga dhuafa sekitar Gedung PLHUT. Ia berharap kehadiran Gedung PLHUT menjadi sebuah berkah untuk masyarakat.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi