Bandara Kualanamu Siap Hadapi Lonjakan Penumpang di Momen Imlek, Isra Miraj, dan Pemilu 2024

Bandara Kualanamu Siap Hadapi Lonjakan Penumpang di Momen Imlek, Isra Miraj, dan Pemilu 2024
Ka Otban Wilayah II Medan, Sokhib Al Rokhman, bersama Dir Operasi PT AVI Kualanamu, Heriyanto Wibowo (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Kualanamu - Bandara Kualanamu di Deliserdang bersiap memberikan pelayanan, pengaman, dan kenyamanan bagi penumpang pada momentum libur Tahun Baru Imlek 2024. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Otoritas Bandara (Ka Otban) Wilayah II Medan, Sokhib Al Rokhman, Rabu (7/2).

"Menyambut libur Imlek, kami di Bandara Kualanamu bersama stakeholder yang ada tetap mempersiapkan, baik personel, fasilitas, serta jasa penunjang menghadapi libur panjang," sebut Sokhib.

Menurutnya, ada 2 libur panjang saat ini, pertama Imlek dan Isra Miraj. “Kondisi ini kita tetap antisipasi, tetapi prediksi kami untuk lonjakan penumpang tidak terlalu tinggi, mengingat baru ini sudah merayakan Natal dan Tahun Baru (Nataru), dan benar-benar berakhir arus Nataru itu di tanggal 15 Januari 2024,” ucapnya.

Kemudian libur panjang tanggal 8-10 Februari 2024 juga mendekati masa Pemilu. Karena ada pemungutan suara di TPS, masyarakat akan berada di lokasi terdaftar untuk memilih. “Namun demikian sekali lagi, Bandara Kualanamu kami menggunakan seluruh perangkat serta penunjang lainnya untuk mengantisipasi libur Imlek ini,” ujarnya.

Di samping itu, pada pelaksanaan Pemilu, seluruh petugas tetap bekerja memfasilitasi secara netral berbagai kegiatan Paslon dan tidak membeda-bedakan yang melintas di Bandara Kualanamu.

“Setelah siap libur Imlek ini, seluruh petugas dan stakeholder yang ada di Bandara Kualanamu sudah mulai bersiap untuk menghadapi puasa tanggal 9-10 Maret 2024. Dan sudah mulai bersiap untuk Angkutan Lebaran (Angleb) 1445 Hijriah. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat dan stakeholder yang ada di Bandara Kualanamu, sebab berjalan dengan baik tanpa ada isu yang menonjol, sehingga aman dan lancar,” sebutnya lagi.

Bandara Kualanamu (Analisadaily.com/Kali A Harahap)
Direktur Operasi PT Angkasa Pura Aviasi (AVI) Kualanamu, Heriyanto Wibowo menjelaskan, sejauh ini arus libur Imlek 2024 masih dalam kondisi normal. Tetapi dibandingkan hari kemarin dengan hari ini menjelang libur ada peningkatan 10 persen.

“Jumlah ini penumpang masih dikategorikan dalam kondisi normal di Kualanamu,” ujarnya.

Dari sisi lain menjelang Imlek, AVI Kualanamu juga memasang pernak-pernik dan lainnya di terminal bandara.

Terkait jumlah penumpang datang dan pergi dari Kualanamu sejauh ini rata-rata di angka 17 ribu sampai dengan 20 ribu penumpang. Untuk hari kemarin di angka 17 ribu, maka untuk hari kedepannya diperkirakan bisa di atas angka 20 ribu.

“Terkait posko, kendati secara khusus tidak diaktifkan, namun secara operasional kita tingkatkan mulai dari penambahan personel, kemudian meningkatkan monitoring dan inspeksi, itu yang dilakukan,” pungkasnya.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi