Kapolres Langkat Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS

Kapolres Langkat Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS
Kapolres Langkat Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS (Analisadaily/Hery Putra Ginting)

Analisadaily.com, Stabat - Kapolres Langkat, AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang, memimpin apel pergeseran pasukan personel pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Lapangan Jananuraga, Jalan Proklamasi, Kelurahan Kwala Bingai, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat.

Apel pergeseran pasukan personel pengamanan TPS tersebut dalam rangka pelaksanaan tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu Serentak Tahun 2024 di wilayah Kabupaten Langkat.

Dalam apel tersebut, juga dihadiri Kabag Ops Polres Langkat selaku Karendal Ops Res OMB AKP Sahrial Sirait, bersama para Kabag, Kasat, Kasi dan Kapolsek Jajaran Polres Langkat.

"Dalam pengamanan 2.639 TPS Pemilu 2024 yang tersebar 240 desa dan Kelurahan di 23 Kecamatan se Kabupaten Langkat, kita mengerahkan kekuatan penuh dengan total sebanyak 440 personel Polres Langkat," ujar Faisal, Senin (12/2).

Faisal dalam arahannya menegaskan, Polres Langkat beserta jajaran siap menindaklanjuti arah dan kebijakan pimpinan Polri tentang penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024 di seluruh Indonesia, khususnya wilayah Kabupaten Langkat harus berjalan dengan aman, tertib dan damai.

Bahkan Kapolres Langkat juga menekankan segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata sehingga suasana Kamtibmas yang kondusif dapat dipertahankan dan terpelihara.

"Saya minta kepada personel yang bertugas pengamanan TPS, agar senantiasa selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta memohon rida-Nya agar Pemilu 2024 khususnya di Kabupaten Langkat dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar dan sukses," tegas Faisal.

Ditambahkan Kapolres, mengingat pelaksanaan Pemilu 2024 saat ini sudah mendekati tahap pencoblosan atau pemungutan suara, agar setiap personel agar memahami Undang-Undang Pemilu 2024 serta tidak kala pentingnya untuk menjaga Netralitas Polri dalam Pemilu 2024.

“Polri merupakan harapan masyarakat untuk menjaga pesta demokrasi agar berjalan aman, lancar, damai, berintegritas, bermarwah dan penuh berkah dan seluruh personel agar menjaga kesehatan (check and richeck personel) dan personel yang ditunjuk merupakan yang prima, tangkas dan cerdas dalam bertindak,” tegasnya.

Guna kesiapan dalam melaksanakan tugas pengamanan TPS, Kapolres Langkat AKBP Faisal, juga meminta personel Polri harus mempedomani aturan dan ketentuan serta tetap menjaga kesehatan atau stamina dan keimanan, dengan selalu meningkatkan kemampuan teknis dan taktis kepolisian.

“Jaga imej, setiap personel harus ikhlas dan menjalankan tugas sebaik-baiknya dengan penuh disiplin. Hindari kesalahan cara bertindak (sikap arogan, dan lain lain) yang mencoreng citra polri di tengah masyarakat," ungkap Faisal.

Dalam kesempatan itu, Faisal juga meminta personel melaksanakan langkah–langkah yang tepat, profesional dan proporsional, melakukan mapping sebelumnya kenali dan kerjasama kepada Linmas dan petugas di TPS untuk keamanan, sehingga dapat mengetahui lokasi pengamanan yang akan dilakukan.

"Selain tetap Humanis dalam pelaksanaan tugas serta menjaga sikap netralitas Polri, saya meminta personel PAM TPS dapat bekerja sama dengan Ketua KPPS, Panwas untuk memperoleh informasi sebanyak-banyaknya guna mendukung kinerja dalam pelaksanaan tugas Pengamanan di TPS," pungkas Kapolres Langkat.

(HPG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi