Bupati Deliserdang Nyoblos di TPS 18 Desa Dagangkrawan

Bupati Deliserdang Nyoblos di TPS 18 Desa Dagangkrawan
Bupati Deliserdang M Ali Yusuf Siregar saat meninjau persiapan di TPS 18 Desa Dagangkrawan, Tanjungmorawa (Analisadaily/Rinto Sustono)

Analisadaily.com, Tanjungmorawa - Bupati Deliserdang, M Ali Yusuf Siregar, dipastikan akan memberikan hak pilihnya pada Pemilu 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 18 Jalan Kelapa Sawit, Dusun 4, Desa Dagangkrawan, Kecamatan Tanjungmorawa pada Rabu (14/2) besok.

Direncanakan, bupati akan mencoblos bersama istri yang juga Ketua TP PKK Deliserdang, Sri Pepeni Yusuf Siregar, dan anak-anaknya.

TPS 18 itu berada tidak jauh dari rumah pribadinya di Jalan Dahlan Tanjung, yang hanya berjarak kira-kira 200 meter. Menjelang pencoblosan, TPS 18 pun dipersiapkan sedemikian rupa. Bahkan informasi dihimpun, dari TPS itu juga akan dilaksanakan live streeming pencoblosan oleh KPUD Deliserdang.

Sementara mantan Bupati, Ashari Tambunan, direncanakan akan mencoblos di salah satu TPS di Desa Jatisari, Kecamatan Lubukpakam. Terkait kedua lokasi TPS, Bupati Yusuf Siregar bersama sejumlah pejabat di kabupaten itu pun melakukan peninjauan pada Rabu (13/2). Rombongan juga meninjau persiapan TPS di Desa Tanjungsari, Kecamatan Batangkuis.

Turut dalam peninjauan tersebut, Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Citra Effendi Capah, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Zainal Abidin Hutagalung, Kasatpol Pamong Praja, Marzuki, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda, Eko Sapriadi, dan lainnya.

Saat berada di TPS 18 Dagangkrawan, Yusuf Siregar berharap agar setiap TPS dipersiapkan dengan baik demi kelancaran pelaksanaan pencoblosan. Dia juga berpesan, agar petugas di TPS dapat bersikap fleksibel, terutama dalam melayani pemilih lanjut usia dan para pemilih yang sedang sakit.

"Saya memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kesiapan semua petugas penyelenggara untuk terlaksananya proses tahapan pemilihan umum. Sehingga pada puncak hari pencoblosan semuanya dapat berjalan dengan baik tanpa ada kendala apa pun," katanya.

Camat Tanjungmorawa, Rio Lakadewa menyebut, demi kenyamanan dan kelancaran bupati saat mencoblos nantinya, TPS itu dipersiapkan secara khusus. "Selain dihias, juga kita pasang AC di TPS-nya. Supaya suasananya lebih nyaman."

Tanjungmorawa yang menjadi bagian dari Dapil 2 (Tanjungmorawa, Gunungmeriah, Bangunpurba, STH Hulu, dan STM Hilir) Deliserdang terdapat 166.012 pemilih. Di antaranya 82.426 pemilih laki-laki dan 83.586 pemilih perempuan.

Kecamatan ini juga salah satu kecamatan terbesar di Deliserdang, selain Sunggal dan Percut Seituan. Dengan banyaknya jumlah pemilih itu, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setempat memetakan adanya 664 TPS.

Konsentrasi pemilih terbanyak berada di Desa Limaumanis dengan jumlah 15.694 orang yang akan mencoblos di 65 TPS. Menyusul Desa Tanjungmorawa A dengan 11.676 pemilih mencoblos di 60 TPS, serta Desa Tanjungmorawa B dengan 11.264 pemilih yang dibagi pencoblosannya di 47 TPS.

Sebaliknya, ada 2 desa dengan jumlah pemilih yang kurang dari 400 orang. Yakni di Desa Penara Kebun yang hanya ada 2 TPS dengan jumlah pemilih 365 orang dan Desa Aek Pancur 327 pemilih yang akan mencoblos di 2 TPS.

(RIO/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi