Pemkab Palas Musrenbang RKPD 2025, Edy Minta Sasar Persoalan Fundamental

Pemkab Palas Musrenbang RKPD 2025, Edy Minta Sasar Persoalan Fundamental
Penjabat (Pj) Bupati Padanglawas (Palas) Edy Junaedi (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Sibuhuan – Penjabat (Pj) Bupati Padanglawas (Palas) Edy Junaedi mengajak seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk sadar dan terus menyasar seluruh persoalan fundamental.

"Harus kita sasar, kita cari solusi terkait persoalan fundamental yang ada di daerah ini," kata Edy Junaedi saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025, Rabu (28/2) di Gedung Olahraga Palas.

Edy mengingatkan, agenda Musrenbang RKPD dengan tema 'Peningkatan Pembangunan Infrastruktur Untuk Mendukung Pembangunan Ekonomi dan Daya Saing Sumber Daya Manusia' jangan hanya sekadar rutinitas dan seremonial. Edy menyoroti beberapa hal yang mesti menjadi perhatian serius. Diantaranya adalah persoalan fasilitas kesehatan.

Edy mencontohkan, di Palas ada 2 rumah sakit, 1 diantaranya RSUD Sibuhuan sebagai rumah sakit pemerintah. Jika dilihat statusnya masih Tipe C, masih jauh tertinggal dan sangat butuh peningkatan, baik sarana fasilitas pendukung maupun tenaga medisnya.

"Usia Palas yang sudah 16 tahun, mestinya sudah memiliki rumah sakit yang memiliki fasilitas pendukung yang lumayan. Ini harus menjadi perhatian kita bersama," ucap Edy.

Selain itu Edy juga menyoroti bidang pendidikan yang butuh perhatian serius. "Persoalan pendidikan dan kesehatan adalah persoalan serius yang harus menjadi perhatian bersama ke depan," tegas Edy.

Selanjutnya Edy juga punya obsesi untuk bisa meningkatkan PAD Palas yang masih jauh dari harapan. Termasuk membangun Sibuhuan Trading Center ( STC). Sehingga Sibuhuan bisa memiliki pusat pasar modern.

"Dari dulu saat saya pulang kampung tahun 80-an, sampai sekarang Pusat Pasar Sibuhuan belum ada perubahan, masih seperti kecamatan," tegas Edy.

Dengan demikian, lanjut Edy, diharapkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Palas bisa meningkat dari 6 paling bawah menjadi peringkat 6 dari atas.

"Ini yang menjadi harapan kita semua, sehingga cita-cita Palas 'Bercahaya' bisa terwujud," tandas Edy.

Kepala Bappeda Palas, Triyanta HK mengatakan, Musrenbang ini merupakan tahapan lanjutan dari proses pelaksanaan Desa dan Kecamatan.

"Pelaksanaan Musrenbang dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dari para pemangku kepentingan dalam rangka penyempurnaan Rancangan RKPD Kabupaten Palas Tahun 2025," kata Triyanta.

Triyanta juga berharap, Musrenbang RKPD 2025 ini akan menjadi bahan untuk Musrenbang di tingkat Pemprov Sumut.

(ATS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi