Dinilai Lamban Lakukan Terobosan, Mendagri Diminta Evaluasi Pj Gubsu

Dinilai Lamban Lakukan Terobosan, Mendagri Diminta Evaluasi Pj Gubsu
Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumut, Muhammad Syarif Lubis (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) diminta untuk mengevaluasi Hassanudin atas jabatan yang diembannya sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, karena dinilai Lamban dan tidak mampu melakukan terobosan apapun dalam rangka menjawab berbagai persoalan kerakyatan di Sumut.

Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumut, Muhammad Syarif Lubis, usai melakukan pertemuan internal di kantor Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumut, Kamis (7/3).

"Sejak dilantik pada 5 September 2023 lalu, (Pj) Gubernur Sumut ini sepertinya lebih padat dengan berbagai kegiatan yang bersifat seremonial semata, hal ini tentu sangat bertolak belakang dengan komitmen yang beliau sampaikan pasca pelantikan kemaren. Melakukan yang terbaik untuk Sumatera Utara khususnya yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat, namun hingga saat ini wujudnya tidak jelas," tegas pria yang akrab disapa Syarif Lubis ini.

Syarif Lubis menuturkan, segudang persoalan rakyat Sumut itu tidak bisa selesai jika dijawab dengan kegiatan seremonial, meninjau ini dan itu, serta dengan berkeliling dari satu daerah ke daerah lain, tentu itu tidak cukup sebagai jawaban persoalan.

"Sebagai Pejabat Gubernur Sumut, Pak Hassanudin juga telah berkomitmen akan meneruskan yang sudah baik dibuat oleh gubernur sebelumnya, tapi mengapa harus buru-buru memilih melakukan rotasi 13 orang Penjabat eselon II ketimbang membangun kerja sama dan memacu kencang kinerja mereka? Toh juga urgensi dari rotasi itu tidak jelas atau bukan sesuatu yang sangat mendesak," tuturnya.

Yang dikerjakan oleh Pj. Gubernur, sebutnya, selama hampir setengah tahun ini tidak lebih sebatas pencitraan diri semata. Hal itu semakin membuat pihaknya bertanya-tanya, terkait kebenaran tentang rumor yang mulai berkembang di masyarakat bahwa Pj Gubsu, Hassanuddin sudah berniat ikut maju dalam kontestasi Pilkada Gubernur Sumatera Utara yang akan datang? Jika itu benar, maka ia menegaskan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumut meminta kepada Tito Karnavian selaku Mendagri untuk segera menunjuk penjabat Gubernur Sumut yang baru.

"Dengan begitu Pak Hassanudin akan bisa lebih fokus pada agenda pencitraannya," tandad Syarif Lubis.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi