Lonsum Beri Bantuan Pupuk untuk Petani Kebun Bah Lias Simalungun

Lonsum Beri Bantuan Pupuk untuk Petani Kebun Bah Lias Simalungun
Lonsum Beri Bantuan Pupuk untuk Petani Kebun Bah Lias Simalungun (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - PP London Sumatra Indonesia (Lonsum) Area Limapuluh melakukan kegiatan Fasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat (FKPM) di sekitar Kebun Bah Lias, Simalungun.

Bantuan pengadaan pupuk diberikan kepada warga masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Mitra Sejahtera, Kelompok Tani Setia Jaya dan Koperasi Produsen Jati Rejo Satu di Kabupaten Simalungun.

Kegiatan FPKM Lonsum ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan kewajiban 20 persen dari luas HGU yang diamanatkan oleh Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Lonsum menyerahkan 20.400 kg pupuk tahap pertama untuk 307 petani mitra untuk areal seluas 406 Ha tersebar di Kecamatan Bandar dan Bandar Masilam sebagai mitra Lonsum di sekitar lokasi Kebun BahLias.

Lonsum juga memperluas kemitraan seluas 424 Ha sehingga sampai saat ini kemitraan Lonsum kebun Bah Lias sudah mencapai seluas 830 Ha.

Saat ini ada sebanyak 581 petani yang merupakan anggota Koperasi dan Kelompok Tani di 8 Nagori sekitar Kebun Bah Lias Kecamatan Bandar dan Bandar Masilam, Kabupaten Simalungun, yang menjalin kemitraan dengan Lonsum.

Area Manager Agronomy Lonsum, Rahmat Husaini mengatakan, hal ini sangat bermanfaat untuk mitra. Terutama untuk pengembangan lahan pertanian.

“Lonsum secara konsisten menerapkan praktik-praktik agrikultur yang baik secara berkelanjutan dan berupaya untuk melaksanakan kemitraan yang saling menguntungkan dengan masyarakat sekitar kebun," kata Rahmat, Jumat (8/3).

Pihaknya juga berterima kasih atas dukungan dari Bupati Simalungun, Kepala Dinas Pertanian, para Camat dan Pangulu Nagori sekitar kebun dalam mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

"Semoga pelaksanaan kegiatan FPKM Lonsum memberikan nilai positif bagi masyarakat sekitar dan menjadi awal dari kegiatan kemitraan lainnya," pungkas Rahmat.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi