Mengenal Budiman Damanik alias Ucok: Putra Simalungun yang Tergerak Membangun Kampung Halaman

Mengenal Budiman Damanik alias Ucok: Putra Simalungun yang Tergerak Membangun Kampung Halaman
Budiman Damanik alias Ucok (berkacamata berkaos putih) saat berbincang soal keinginannya memajukan Simalungun. (Analisadaily/Istimewa)

BUDIMAN Damanik alias Ucok merupakan putra Simalungun yang lahir pada tanggal 3 September 1972 di Kota Pematang Siantar. Ia salah satu tokoh masyarakat Sumatera Utara yang cukup eksis di kancah perpolitikan di Indonesia.

Budiman Damanik Alias Ucok sebelumnya maju mendaftarkan diri sebagai bakal Calon Anggota DPR RI dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), namun usai perhelatan Pileg, Budiman Damanik bertekad untuk maju pada Pilkada Kabupaten Simalungun.

Tekad itu diutarakan Budiman Damanik, Jumat (8/3), di Kota Pematangsiantar.

Keputusan yang diambil Budiman Damanik dilandasi atas rasa kepeduliannya dalam memperjuangkan pembenahan di segala aspek kebutuhan masyarakat Kabupaten Simalungun.

"Saya kembali ke kampung halaman (Kabupaten Simalungun) untuk membenahi dan membangun Kabupaten Simalungun sebagai Bupati Simalungun dengan motto habonaron do bona (kebenaran pangkal segala galanya)," ujar Budiman Damanik.

Ia berharap kedepannya dapat melakukan pembenahan yang terukur dan kompetitif dan mengontrol setiap kebijakan daerah agar tepat guna dan pro rakyat.

Atas kepedulian tersebut, Budiman Damanik menuangkannya di dalam visi misi dengan fokus pada tata kelola pemerintah daerah sesuai dengan fungsi eksekutif.

Sebagai putra Simalungun, Budiman Damanik aktif di sejumlah organisasi masyarakat, di antaranya sebagai bagian dari pendiri organisasi masyarakat Batak Bersatu dan Dewan Pertimbangan Himpunan Mahasiswa Islam Ciputat.

Berbagai kedekatan yang telah dilakukannya merupakan sebagian dari aktivitas harian Budiman yang cukup dikenal pro-rakyat.

Budiman Damanik juga kerap memperjuangkan berbagai aspirasi masyarakat Sumatera Utara di tingkat pemerintahan pusat.

Pengusaha CV Pasir Luhur Farm ini terus berkomitmen untuk memajukan Sumatera Utara. Optimisme Ucok didorong dengan kemampuan diplomasi politik pada sejumlah petinggi parpol.

Elektabilitas Budiman Damanik Ucok terus meningkat di masa pemerintahan Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo.

Harmonisasi alami ini terus dibangun sehingga Budiman dinilai layak mendapatkan kepercayaan masyarakat sebagai Bupati Simalungun.

Beragam potensi yang dimiliki Budiman Damanik, tidak serta merta dimilikinya secara instan.

Komisaris PT Batu Inti Moramo ini juga pernah menjadi peternak ayam dan masih eksis hingga saat ini. Usaha ini dibangun dengan cikal bakal ilmu yang dimiliki Budiman dari Institut Pertanian Bogor.

Saat ini Budiman terus mengembangkan sayap usahanya hingga ke semua sentra sendi sendi ekonomi masyarakat. Ia juga dianggap mampu mensinergikan kepentingan masyarakat dengan program pemerintah pusat.

Kini, Budiman Damanik Ucok akan memulai cita-cita luhurnya dengan mengikuti kontestasi politik pada pemilihan kepada daerah menuju Simalungun 1. Dengan didampingi istrinya Hermin Lastiar Boru Purba dan empat orang anak, Budiman Damanik kokoh maju dalam perhelatan akbar pesta rakyat pemilihan kepala daerah di tahun 2024.

Berbagai persiapan terus dilakukan hingga meningkatkan konsolidasi dengan masyarakat.

Keyakinan Budiman Damanik dalam mengemban tugas sebagai kepala daerah didasari pada kemampuannya dalam melakukan analisis permasalahan di lingkungan masyarakat dan pemerintah dan kemampuan menemukan titik solusi sehingga menuju pembaharuan di Kabupaten Simalungun.

Penulis:  Fransius Simanjuntak
Editor:  Bambang Riyanto

Baca Juga

Rekomendasi