BPD Abujapi Sumut Gelar Bimtek dan Halal Bihalal

BPD Abujapi Sumut Gelar Bimtek dan Halal Bihalal
BPD Abujapi Sumut Gelar Bimtek dan Halal Bihalal (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Badan Pengurus Daerah (BPD) Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi) Sumut menggelar bimbingan teknis (bimtek) dan halal bihalal di Grand Central Hotel, Jalan Sei Belutu, Kecamatan Medan Baru, Senin (6/5).

Acara dirangkai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bank BTN guna memberikan kemudahan bagi personel satpam untuk down payment (DP) dengan nilai nominal untuk pembelian rumah.

Menurut Ketua Umum BPD Abujapi Sumut H.Djoned Djubaidi, ST, SH, MH, bimtek digelar untuk memberi pengetahuan kepada para pimpinan badan usaha jasa pengamanan di Sumut bagaimana cara membuat perjanjian kerja waktu tertentu (PWKT) dan perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PWKTT) bagi pegawai kontrak dan pegawai organik di kantor tersebut. Tujuannya kontrak kerja yang dibuat sesuai UU tenaga kerja yang berlaku.

Kemudian, bimtek kepada badan usaha jasa pengamanan tentang manajemen keamanan. Sehingga, jika mendapat pekerjaan dari pengguna jasa, mereka bisa mengatur menciptakan keamanan, kondusivitas dan iklim yang baik di dalam perusahaan yang dijaga tersebut.

"Sementara, MoU dengan BTN bertujuan membantu satpam, pengurus satpam maupun pihak terkait untuk memudahkan memiliki rumah dengan DP kecil atau jumlah paling nominal dengan jangka waktu 20 tahun sehingga tidak terlalu memberatkan," tuturnya.

Dikatakannya, MoU ini sudah dilaksanakan di enam provinsi, di antaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jakarta, Sumut dan lainnya.

"Kami berharap, dengan adanya MoU dan BTN ini, para satpam bisa mempunyai rumah karena itu kebutuhan mendasar," tandasnya.

Sementara itu, Koordinator Wilayah (Korwil) Sumatera, Eddy Darmawi menuturkan, kegiatan ini sangat baik dan sangat menarik serta bermanfaat untuk menambah wawasan.

Tak kalah pentingnya, MoU dengan BTN menjadi hal yang sangat membanggakan.

"Ini upaya agar para satpam dapat memiliki rumah dengan harga terjangkau, serta sejumlah upaya meningkatkan kesejahteraan dan kompetensi satpam serta peningkatan pelayanan para member Abujapi," sebutnya.

Kegiatan bimtek menghadirkan Ir Raijon Sembiring, SH, AKBP Rina Frillya SIK mewakili Dir Binmas Poldasu Kombes Pol Muhammad Muslim Siregar SIK dan perwakilan Bank BTN sebagai narasumber.

Acara yang dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mars Abujapi, dan doa serta ditutup penyerahan plakat ini dihadiri sejumlah badan usaha jasa pengamanan, praktisi pengaman, para pengguna jasa satpam dan lainnya.

(HEN/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi