Geo Tourism Festival 2024, Strategi Poltekpar Medan Dukung Promosi Geopark Toba

Geo Tourism Festival 2024, Strategi Poltekpar Medan Dukung Promosi Geopark Toba
Geo Tourism Festival 2024, Strategi Poltekpar Medan Dukung Promosi Geopark Toba (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Geopark Toba menawarkan kekayaan geologi dan kebudayaan lokal yang unik, serta memiliki potensi besar dalam industri pariwisata.

Untuk mengoptimalkan potensi tersebut, diperlukan suatu wadah atau platform yang dapat menggabungkan dua elemen krusial, yaitu geoturisme dan pelestarian warisan budaya.

Peran Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan sangat penting dalam mengaktualisasikan potensi Geopark Toba dan bertujuan untuk melestarikan etnis kebudayaan yang ada di Sumatera Utara.

Salah satu langkah konkret yang telah diambil adalah penyelenggaraan acara "Poltekpar Medan Geo Tourism Festival 2024” dengan tema Geo Wonder - Where Culture and Nature Converge.

Geowonders – When nature and cultural converge', mencerminkan semangat bersatu dalam menggabungkan keindahan geo tourism dengan kekayaan budaya yang telah ditinggalkan nenek moyang. Saat ini adalah waktu yang tepat untuk menjaga dan melestarikan Geopark Toba, sebuah warisan alam yang sangat berharga bagi semua.

"Poltekpar Medan berkomitmen untuk selalu mendukung Geopark Toba dan mendorong mahasiswa untuk tetap menjaga nilai budaya agar tidak luntur tetapi di kemas dengan cara yang seru dan menyenangkan, salah satunya dengan pelaksanaan Geo Tourism Festival 2024," kata Direktur Poktekpar Medan, Dr. Ngatemin.,S.Pd., M.Si, dalam keterangan diperoleh Senin (21/5).

"Selain itu kegiatan ini juga jadi sarana promosi Poltekpar Medan yg memiliki Center Of Excellent (COE) Geopark/Geo Tourism, memperkuat kesadaran dan kerjasama antar Poltekpar dalam mendukung dan upaya promosi Penerimaan Mahasiswa Baru melalui perlombaan untuk siswa/i SMU/SMK," tambahnya.

Berbagai jenis lomba yang dihelat dengan hadiah yang menarik yaitu;

  • Towel Art Competition
  • Front Liner Competition
  • Racing Tray Competition
  • Cookies Competition
  • Mystery Box Competition
  • Competition Proposal Business Presenter
  • Tour Guiding Competition
  • Berbalas Pantun
  • Tari Kreasi
  • E-Sport (MLBB)
  • 3 x 3 Basketball (SMA/SMK Sederajat)
Kegiatan ini dihadiri Staf Khusus Menparekraf Bidang Akuntabilitas, Pengawasan, Reformasi, dan Birokrasi, Irjen Pol Krisnandi, Kepala Pusat Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Andar Danova L. Goeltom, M.Sc, CHE., Para Direktur Politeknik Pariwisata di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Civitas Akademika Poltekpar Medan dan tamu undangan serta mitra sponsor kegiatan.

Festival ini dilaksanakan 20-22 Mei 2024 di Poltekpar Medan tanpa ada biaya pendaftaran. Diharapkan melalui kegiatan ini mahasiswa dapat belajar bekerja di dalam tim, belajar melestarikan budaya dan memberikan pengalaman yang menyenangkan.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi