3 Terdakwa Penggelembungan Suara Divonis Ringan, Kejari Medan Banding

3 Terdakwa Penggelembungan Suara Divonis Ringan, Kejari Medan Banding
Kepala Kejari Medan Muttaqin Harahap (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Dalam kasus penggelembungan suara di Pemilu 2024, ketua dan dua anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Medan Timur divonis 3 bulan penjara. Terkait vonis tersebut Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan menyatakan banding.

"Tiga PPK yang dimaksud yaitu Muhammad Rachwi Ritonga selaku ketua PPK dan dua anggotanya Abdilla Syadzaly Barrah Hutasuhut (25) serta Junaidi Machmud (48)," kata majelis hakim As'ad Rahim Lubis, Selasa (21/5).

As'ad mengatakan bahwa para terdakwa terbukti melakukan penggelembungan suara di Pemilu 2024 dan menjatuhkan hukuman 3 bulan penjara dan denda Rp25 juta dengan subsider 1 bulan kurungan.

Vonis hakim jauh lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum yang sebelumnya menuntut para terdakwa dengan pidana penjara selama 1 tahun dan denda Rp25 juta dengan subisider 4 bulan kurungan.

Meski mengapreasiasi putusan itu, Kepala Kejari Medan Muttaqin Harahap mengatakan, putusan hakim masih sangat jauh dengan keadilan masyarakat.

"Oleh karena itu terhadap putusan yang baru dibacakan tadi kami saudah menggambil sikap mengajukan upaya hukum banding," tegasnya.

Atas upaya banding itu, Kejari Medan berharap agar Pengadilan Tinggi (PT) Medan bisa lebih meneliti perkara ini sehingga dapat memenuhi rasa keadilan masyarakat.

"Harapan kita selaku penuntut umum, PT Medan memutuskan confrom dengan tuntutan kita sebagai penuntut umum," ucapnya.

Dalam kesempatan itu juga, Kejari Medan berpesan agar penyelenggara pemilu agar lebih hati-hati dan profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

"Kasus ini, sekalian untuk pelajaran bagi penyelanggara pemilu agar kedepan lebih berhati-hati dalam melaksanakan tugas karena perbuatan pidana apapun yang dilakukan pasti akan ada konsekuensi hukum yang diterima," pungkasnya.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi