Deliserdang 6 Kali Berturut Raih Opini WTP

Deliserdang 6 Kali Berturut Raih Opini WTP
Deliserdang 6 Kali Berturut Raih Opini WTP (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Lubukpakam - Pemkab Deliserdang kembali mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Wilayah Sumut atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2023.

Raihan ini merupakan yang keenam kalinya sejak 2018. Opini WTP tersebut diserahkan Ketua BPK RI Sumut, Eydu Oktain Panjaitan kepada Pj Bupati Deliserdang Wiriya Alrahman di Medan, Rabu (22/5). Demikian informasi diterima dari Dinas Kominfostan Deliserdang.

"Ini menunjukkan laporan keuangan yang disajikan Pemkab Deliserdang telah memenuhi standar akuntansi dan tidak ditemukan kesalahan pengungkapan yang signifikan atau material," ungkap Wiriya.

Dia juga mengapresiasi kerja keras tim auditor BPK dalam memeriksa LKPD Deliserdang secara teliti dan profesional.

"Deliserdang tetap berkomitmen melakukan perbaikan dan menindaklanjuti seluruh rekomendasi yang dituangkan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan yang telah kami terima," lanjutnya.

Melalui opini WTP itu, sambungnya, Pemkab Deliserdang dinilai telah mampu mengelola keuangan secara baik dan transparan, serta menjaga kepercayaan masyarakat dalam pengelolaan keuangan publik di daerah itu.

Keberhasilan tersebut, imbuhnya, merupakan pencapaian yang besar bagi semua jajaran Pemkab Deliserdang. Begitupun, capaian itu dinilainya bukan merupakan akhir dari perjuangan dalam memperbaiki dan meningkatkan pengelolaan keuangan publik.

Wiriya berharap opini WTP itu dapat memicu semangat untuk terus meningkatkan kinerja dalam mencapai visi Kabupaten Deliserdang yang maju dan sejahtera, dengan masyarakatnya yang religius serta rukun dalam kebhinekaan. Termasuk menjadi capaian berharga yang dapat dijadikan motivasi untuk terus berperan aktif dalam memajukan Deliserdang.

Wakil Ketua DPRD Deliserdang, Tengku Ahmad Tala’a yang turut mendampingi Pj Bupati Wiriya saat acara itu, menyebut raihan Opini WTP merupakan suatu prestasi yang patut dibanggakan apalagi secara khusus mampu dicapai 6 kali berturut-turut.

"Prestasi ini sangat membanggakan dan memiliki arti jika penilaian BPK berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan, membuktikan penyelenggaraan pemerintahan dianggap telah sesuai prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan sebaik-baiknya," lanjut Ahmad Tala’a.

Disaksikan Inspektur Edwin Nasution, Kepala BKAD Baginda Thomas Harahap, Kadis Pendidikan Yudy Hilmawan, Kadis Kominfostan Khairul Azman, Sekwan Binsar Sitanggang, dan sejumlah pejabat lainnya, dia berharap, momentum tersebut mampu menciptakan pemerintahan yang bersih dan pengelolaan keuangan daerah secara tertib, taat perundang-undangan, efisien, efektif, transparan, dan bertanggungjawab. Dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatuhan guna mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Deliserdang.

(RIO/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi