Bank Muamalat dan UIN Sumut Kerja Sama Layanan Perbankan dan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Bank Muamalat dan UIN Sumut Kerja Sama Layanan Perbankan dan Tri Dharma Perguruan Tinggi
Bank Muamalat dan UIN Sumut Kerja Sama Layanan Perbankan dan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan – Bank Muamalat Indonesia Tbkmenandatangani nota kesepahaman dengan UIN Sumatera Utara (Sumut) terkait kerja sama dalam lingkup pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pemanfaatan produkperbankan syariah.

Direktur Keuangan dan Strategi Bank Muamalat Suhendar mengatakan, kerja sama ini mencakup kerja sama produksimpanan, fasilitas pembiayaan dan layanan perbankanlainnya. Dia berharap penandatanganan ini menjadi ‘pintugerbang’ bagi kerja sama lainnya yang lebih luas.

“UIN Sumatera Utara merupakan nasabah eksisting Bank Muamalat. Oleh karena itu, penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan kelanjutan dari kerja samasebelumnya tetapi dalam koridor yang lebih luas. Sebagaibank syariah pertama di Indonesia kami siap memberikan layanan perbankan syariah terbaik," ujarnya, Selasa (28/5).

Suhendar juga menjelaskan, Bank Muamalat fokus pada nasabah ritel di beberapa segmen utama, salah satunya adalahpendidikan. Oleh karena itu, pionir bank syariah di Tanah Air ini siap memberikan layanan yang komprehensif untukmendukung segmen tersebut.

Cash Management System (CMS) Madina milik Bank Muamalat merupakan salah satu layanan yang ditawarkankepada UIN Sumatera Utara memberikan layanan transaksiperbankan secara real time.

Layanan ini bisa digunakan oleh UIN Sumatera Utara diantaranya untuk pengelolaan keuangan secara terintegrasi dengan sistem pendidikan, mulai dari penggunaan virtual account untuk pembayaran uang kuliah, mempermudah transaksi hingga dokumentasi mutasi rekening yang lebih simpel dan cepat.

Selain itu, Bank Muamalat juga akan menawarkan layananpayroll untuk pegawai UIN Sumatera Utara. Sebagaiinformasi, saat ini Bank Muamalat sudah ditunjuk oleh Kementerian Keuangan sebagai Bank Penyalur Gaji Rekening ASN (BPG ASN) serta telah menjadi bank umum mitra pengelola rekening pengeluaran kementerian/ lembaga negara.

Dalam kesempatan ini, Bank Muamalat juga menawarkankerja sama Employee Benefit Program, fasilitas pembiayaanmultiguna, pembiayaan kepemilikan rumah (KPR) hinggaperencanaan finansial untuk pimpinan universitas, dosen dan karyawan.

Dalam hal pengembangan sumber daya manusia, Bank Muamalat memberikan kesempatan bagi mahasiswa UIN Sumatera Utara untuk mengikuti program magang melaluiprogram MIKO (Muamalat Indonesia Kompeten).

MIKO merupakan program magang yang memberikan kesempatankepada para mahasiswa tingkat akhir untuk belajar dan bekerja di Bank Muamalat.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi