Kloter 1 Jemaah Haji Asahan Tiba di Bandara Kualanamu dengan Selamat

Kloter 1 Jemaah Haji Asahan Tiba di Bandara Kualanamu dengan Selamat
Kloter 1 Jemaah Haji Asahan Tiba di Bandara Kualanamu dengan Selamat (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Kualanamu - Pesawat haji Kloter 1 Debarkasi Medan, asal Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) landing (tiba) di Bandara Kualanamu, Senin (24/6) sekira pukul 02.30 WIB. Selanjutnya diangkut menggunakan Bus Damri dan tiba di Asrama Haji Medan sekira pukul 04.30 WIB.

Setibanya para jemaah haji ini di Asrama Haji disambut Pj Gubernur Sumut diwakili Asisten 1, Kakanwil Kemenag Sumut, Ahmad Qosbi Nasution, Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin, Kabid Haji dan Umrah Kakanwil Kemenag Sumut, Zulfan Efendi, Kakan Kemenag Asahan, Saripuddin Daulay, serta intansi terkait lainnya.

Ahmad Qosbi menjelaskan, Kloter 1 Debarkasi Medan tiba di Tanah Air dengan predikat haji yang mabrur. Kloter 1 ini utuh dari Kabupaten Asahan, dan perlu disampaikan jemaah haji asal Sumut dari 8.628 orang, sampai saat ini 14 jemaah telah wafat di Tanah Suci, termasuk di Kloter 1 ini ada 3 yang wafat.

"Mari kita berdoa semoga arwah para jemaah haji kita yang telah dipanggil Allah SWT ditempatkan disisinya dengan sebaik-baik tempat dan mereka haji mabrur," ucap Qosbi.

Ia juga menjelaskan, kedatangan para jemaah haji Kloter 1 ini berjalan dengan baik, bahkan tiba di Bandara Kualanamu disambut dengan rahmat, ditandai datang hujan, kemudian tiba di Asrama Haji disambut dengan Azan Subuh.

Kloter 1 Jemaah Haji Asahan Tiba di Bandara Kualanamu dengan Selamat
"Bapak ibu sudah melaksanakan haji 40 hari di Tanah Suci, dan bersusah payah untuk melaksanakan apa yang kita inginkan rangkaian haji. Dan apabila bapak ibu berkeinginan berangkat lagi, mendaftar saja baru boleh tahun 2034, berarti 10 tahun lagi, dan daftar tunggu sudah 35 tahun, kalau bapak ibu berumur 50 tahun berarti 95 tahun yang akan datang baru berangkat lagi," jelasnya.

Kakan Kemenag Asahan, Saripuddin Daulay menjelaskan, jemaah haji Asahan sebanyak 357 orang sudah termasuk petugas, dan dari jumlah itu wafat 3 orang.

"Kami dari keluarga besar Kemenag Sumut turut belasungkawa atas wafatnya jemaah haji dari Asahan ini," sebut Saripuddin.

Lebih lanjut dijelaskan, saat mendapatkan informasi tentang wafatnya jemaah di Tanah Suci, pihak Kemenag Asahan langsung bertakziah ke rumah keluarga jemaah di Asahan.

“Saat ini kita fokus mengurus hak jemaah yang wafat, termasuk asuransinya," ungkap Saripuddin.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi