Dosen PG-PAUD Unimed Gelar Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka di Binjai Utara

Dosen PG-PAUD Unimed Gelar Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka di Binjai Utara
Dosen PG-PAUD Unimed Gelar Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka di Binjai Utara. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Binjai - Menindaklanjuti program pemerintah tentang Kurikulum Merdeka, dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru PAUD FIP Universitas Negeri Medan (UNIMED) menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), Kamis, (11/6).

Kegiatan PKM yang didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unimed dalam bentuk Pelatihan dan Pendampingan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Tingkat Satuan PAUD di TK Salsabila Al-Fazira Kecamatan Binjai Utara.

Pelaksanaan PKM yang digelar di gedung Aula TK Salsabila Al-Fazira, dihadiri dan dibuka oleh Ketua Yayasan Nurlilawaty, M.Pd. Beliau menyampaikan rasa terima kasih karena dosen Unimed telah bersedia hadir dan berbagi ilmu mengenai implementasi kurikulum merdeka di PAUD. “Harapan melalui kegiatan pendampingan dapat menjawab kegelisahan guru-guru yang hadir untuk memulai tahun ajaran baru ini dengan mengimplementasikan kurikulum merdeka,” tambah Nurlilawaty.

Tim dosen Prodi PAUD Unimed yang melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat tersebut diketuai Wan Nova Listia, S.Pd., M.Pd; beranggota Isa Hidayati, S.Pd., M.Pd; Dr. Surya Dharma, S.Pd., M.Pd, Elya Siska Anggraini, S.Sn., MA. dan beberapa mahasiswa.

Kegiatan PKM dalam bentuk pendampingan dan pelatihan diikuti beberapa guru-guru TK dan PAUD di Kota Binjai di antaranya TK Tunas Harapan, TK Aisiyah Bustanul Athfal Cabang Binjai Kota, TK Husnul Husna, TK An Nadwa, TK Salsabila Al-Fazira dan TK IT Al-Ikhlas.

Kegiatan diisi dengan penyampaian materi oleh narasumber pertama Ibu Wan Nova Listia, S.Pd., M.Pd yang memaparkan bentuk-bentuk penerapan kurikulum merdeka dari latar belakang munculnya kurikulum merdeka hingga pada praktik pelaksanaan pembelajaran serta perangkat kurikulum merdeka di PAUD. Bagaimana menurunkan CP, TP, ATP dan Asasmen Penilaian serta penjelasan tentang kegiatan-kegiatan mendasar yang harus dilakukan guru untuk mensukseskan kurikulum merdeka di sekolah.

Kemudian dilanjutkan narasumber kedua Isa Hidayati, S.Pd., M.Pd yang menjelaskan secara mendalam tentang Pelaksanaan P5 di PAUD.

Dalam kesempatan tersebut, tim PKM Dosen PAUD Unimed melakukan serah terima barang kepada Kepala Sekolah TK Salsabila Al-Fazira dan disaksikan oleh tim pendamping dari LPPM Unimed yaitu Rizki Fadila Nasution, M.Pd. Alat, media dan sumber belajar yang diberikan berupa; Buku Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka PAUD, screen proyektor, Infokus/Android proyektor, worksheet anak, buku cerita, Playmat Art Sensory, Tab Study Kids, LCD Writing Tablet.

“Harapan para akademisi, kegiatan ini dapat membantu guru untuk mengimplementasikan kebijakan pemerintah dengan menerapkan kurikulum merdeka pada jenjang pendidikan anak usia dini, serta menjadi wadah bagi para akademisi untuk menggali berbagai kesulitan para praktisi untuk diteliti dan ditelaah agar teori di perguruan tinggi dapat diterapkan secara praktis di lapangan,” pungkas Elya Siska Anggraini, S.Sn., M.A selaku tim pengabdi dan narator kegiatan.

(REL/BR)

Baca Juga

Rekomendasi