Faisal Tekankan Pentingnya Koperasi Berbasis Ekonomi Rakyat dan Asas Kekeluargaan

Faisal Tekankan Pentingnya Koperasi Berbasis Ekonomi Rakyat dan Asas Kekeluargaan
Penjabat Bupati Langkat, Faisal Hasrimy, memberikan penghargaan pada peringatan hari Koperasi ke-77, di Alun-alun T. Amir Hamzah Stabat, Kelurahan Kwala Bingai Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Rabu (17/7). (Analisadaily/Hery Putra Ginting)

Analisadaily.com, Stabat - Sebanyak 11 koperasi terbaik se-Kabupaten Langkat memperoleh penghargaan pada peringatan hari Koperasi ke-77, di Alun-alun T. Amir Hamzah Stabat, Kelurahan Kwala Bingai Kecamatan Stabat.

Koperasi yang memperoleh penghargaan berasal dari tiga wilayah, yakni Langkat Hulu yaitu KUD Harta dan KPRI Lestari Kecamatan Selesai, KPRI Bina Bersama Sei Bingai, KPRI Serba Guna Salapian.

Selanjutnya dari Langkat Hilir yakni Primkop Polres Langkat Stabat, Kopeka Stabat, KPRI Budi Utama Hinai, KPRI Lingkungan P dan K Babalan dan Teluk Aru yaitu KPRI Guru-Guru SD Pangkalan Susu, KUD Baja Sei Lepan serta KUD Rata Besitang.

"Terima kasih kepada semua yang hadir hari ini dan luar biasa keakraban semuanya, suasana yang senang dan bahagia. Koperasi merupakan benteng negara serta berkumpul di sini hari ini untuk menggerakkan semangat kita semua," ujar Penjabat Bupati Langkat, Faisal Hasrimy, Rabu (17/7).

Faisal juga menekankan pentingnya prinsip koperasi yang berbasis ekonomi rakyat dan asas kekeluargaan.

"Untuk ke depannya diharapkan dilakukan pembenahan terhadap koperasi, jadikan koperasi yang menyala dan keren, melakukan perubahan dari koperasi yang konvensional menjadi koperasi yang mengikuti zaman," pesan Faisal.

Ia berharap semoga koperasi yang ada semakin menunjukkan eksistensinya, tidak saja bermanfaat bagi anggota tetapi juga mampu memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

"Koperasi adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-orang demi kepentingan bersama. Hari ini mari kita gemuruhkan koperasi di Kabupaten Langkat, saling berkenalan dan bersilaturahmi," kata Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Langkat, Sarikat Bangun.

Ketua panitia, Iptu (Purn) Ahmad Aslim, menjelaskan rangkaian kegiatan Hari Koperasi ke-77 di Kabupaten Langkat, termasuk senam kebugaran, pemberian santunan, hadiah lucky draw, dan pemberian piagam penghargaan kepada 11 koperasi berprestasi tahun 2023.

"Pembiayaan dalam mensukseskan peringatan Hari Koperasi tahun ini sepenuhnya bersumber dari swadaya partisipasi seluruh koperasi yang ada di Kabupaten Langkat," ujar Aslim.

Kadis Koperasi Langkat, Syahrizal, mendukung Faisal dan akan terus melakukan sosialisasi dan pembinaan di berbagai kesempatan, agar koperasi menjadi gaya hidup masyarakat, yang pada gilirannya dapat memperkuat keberadaan UMKM dalam mendapatkan akses modal dengan mudah.

(HPG/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi