Harga Bawang Merah Terjun Bebas, di Sumut Ada yang Dijual Rp 15.000/Kg

Harga Bawang Merah Terjun Bebas, di Sumut Ada yang Dijual Rp 15.000/Kg
Ilustrasi - Tumpukan bawang merah (ANTARA/HO-Humas Bapanas)

Analisadaily.com, Medan - Belakangan ada banyak kabar mengenai keterpurukan harga bawang merah di level petani yang ada di Pulau Jawa. Harga bawang merah dikabarkan turun hingga menyentuh Rp 14 ribu per Kg di level petani.

“Namun, faktanya harga bawang merah di Sumut ada yang dijual Rp 15 ribu per Kg. Dan bawang merah di Sumut juga didominasi oleh bawang merah dari Pulau Jawa,” kata Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut, Gunawan Benjamin, Rabu (14/8).

Menurut Gunawan, terkesan tidak masuk akal memang jika ada selisih harga yang hanya Rp 1.000 per Kg dari Jawa ke Sumut. Tetapi di lapangan, bawang merah yang ada di pedagang akan disortir kembali. Yang nantinya akan dipisahkan (disortir) bawang merah menurut kualitasnya.

“Sehingga terbentuklah harga bawang merah dalam rentang Rp 15 ribu hingga Rp 28 ribu per Kg sejauh ini,” sebutnya.

Gunawan juga mengatakan, temuan penurunan harga bawang merah yang mencapai Rp 15 ribu per Kg, salah satunya ada di pasar tradisional Kota Stabat. Dengan realisasi harga tersebut, sudah pasti petani dirugikan. Karena HPP (Harga Pokok Produksi) bawang sekitar Rp 18.800 per Kg.

“Nah, kalau penurunan harga bawang merah ini diklaim karena melemahnya konsumsi. Maka pemerintah harus mewaspadai penurunan harga bawang merah ini. Klaim penurunan harga bawang merah ini jelas menunjukan ada masalah serius pada daya beli masyarakat,” ucap Gunawan.

“Mengingat bawang merah ini komoditas pangan pokok strategis, saya sendiri juga menemukan ada pola penurunan konsumsi pada komoditas pangan tertentu seperti daging ayam. Dimana penjualan ayam potong pada Bulan Juli mengalami penurunan sekitar 12% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya di wilayah Sumut,” sambungnya.

Untuk selebihnya, harga sejumlah kebutuhan pokok relatif stabil. Harga cabai merah ditransaksikan dalam rentang Rp 38 ribu hingga Rp 45 ribu per Kg. Cabai rawit ditransaksikan Rp 43 ribu per Kg, walaupun di beberapa daerah tertentu seperti di Langkat ada yang menjual Rp 50 ribu per Kg-nya. Sedangkan cabai hijau dijual Rp 40 ribu per Kg-nya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi