Ulasan Yamaha Grand Filano: Desain Klasik dan Fitur Inovatif dalam Satu Paket

Ulasan Yamaha Grand Filano: Desain Klasik dan Fitur Inovatif dalam Satu Paket
Ulasan Yamaha Grand Filano: Desain Klasik dan Fitur Inovatif dalam Satu Paket (Analisadaily/Istimewa)

Honda dan Yamaha terus saling menjawab tantangan dengan meluncurkan produk berkualitas. Selain Scoopy dengan Fazzio, kini Yamaha Grand Filano pun akan bertarung dengan Honda Stylo yang kini hadir dalam mesin 160 cc.

Setelah diperkenalkan di Vietnam dan Thailand, Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected akhirnya meluncur di Indonesia. Model skuter retro modern adalah bagian dari jajaran Yamaha Classy. Dilengkapi dengan banyak fitur modern.

Yamaha Grand Filano ditawarkan dalam dua varian, yaitu Lux dijual Rp 27,5 juta dan Neo Rp 27 juta OTR DKI Jakarta. Lantas seperti apakah kelebihan dan kekurangan Grand Filano Hybrid Connected? Dilansir dari berbagai sumber berikut keunggulan dan kekurangan, diantaranya adalah:

Keunggulan

1. Desain berkelas premium

Desain klasik berkelas menjadi Filano dan Fazzio masuk dalam Yamaha Classy. Filano hadir dengan gaya stylish yang premium, terinspirasi oleh skuter Eropa. Konsep ini merupakan skutik elegan dan klasik tanpa tepian tajam.

Headlamp dipasang di bagian kepala dengan bentuk cover diamond shape. Lampu ini dibagi dua, bagian atas untuk lampu dekat, dan bawah untuk lampu jauh. Di tengahnya terdapat identitas Grand Filano sebagai pembatas.

Di bawahnya daytime running light yang ditempatkan pada sisi dasinya. Sedangkan lampu sein vertikal dipasang di setiap sisi tameng depan. Semua lampu mengadopsi teknologi LED. Bagian kiri depan tameng mendapat hiasan 3D.

Desain sampingnya menganut bentuk bulat klasik. Terdapat sedikit tarikan garis kuat pada bodi belakang. Filano juga menggunakan jok model menyatu kelas premium. Bagian belakang terdapat lampu rem dan sein vertical.

2. Akomodasi besar

Terdapat kompartemen untuk menyimpan barang kokpit depan. Di sisi kiri terdapat Smart Front Refuel, untuk kenyamanan pengisian bahan bakar tanpa membuka jok. Volume tangki bahan bakarnya 4,4 liter. Sedangkan untuk bagasi memiliki kapasitas 27 L terbesar di kelasnya.

Sehingga tak heran bisa menampung helm dan barang lainnya. Bagasi ini juga dilengkapi lampu LED. Berikutnya adalah Carabiner Hook, gantungan dengan sistem pengunci model carabiner sehingga memudahkan saat membawa banyak barang.

3. Fitur canggih dan modern

Keunggulan lain yang ditawarkan Grand Filano adalah hadirnya fitur konektivitas. Smartphone ini bisa kamu hubungkan ke sepeda motor melalui aplikasi Y-Connect. Kamu bisa memperoleh informasi tentang status telepon dan pesan masuk di dashboard sepeda motor.

Bahkan kamu juga bisa mengetahui informasi bahan bakar, lokasi parkir terakhir, saran perawatan yang menunjukkan level aki dan kondisi oli, notifikasi terkait malfungsi hingga revs dashboard Revs.

Fitur dasbor digital terdapat indikator kecepatan dan di setiap sisinya terdapat beberapa indikator Y-connect dan Eco indikator. Salah satu kelebihannya adalah terintegrasi dengan layar TFT. Fitur ini dapat dikatakan sebagai teknologi terbaik dan tidak dimiliki pesaing.

Dan yang paling menarik adalah siluet Grand Filano dengan gambar petir di tengahnya. Menandakan bahwa power assist sedang bekerja. Jangan lupakan stopkontak listrik yang dapat mengisi daya smartphone tenang. Ada juga lampu hazard untuk menandakan keadaan darurat.

4. Performa dan efisiensi

Sesuai spesifikasi pabrikan, ditenagai mesin 125 cc 1 silinder, SOHC, 2 katup, berpendingin udara, dan bermesin injeksi Blue Core. Konfigurasi mesinnya sudah overstroke. Panjang langkahnya 57,9 mm dan diameter piston 52,4 mm. Rasio kompresinya adalah 11:1. Tenaga maksimalnya mampu dihasilkan sebesar 8,1 PS pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 10,4 Nm pada 5.000 rpm.

Di kelas 125cc terbilang tinggi untuk Blue Core Hybrid. Teknologi ini terdiri dari 2 sumber tenaga yang bekerja sama yaitu tenaga mesin dan electric assist start (EPAS). Untuk saling mendukung dibenamkan Smart Motor Generator (SMG), baterai dan Starter Generator Control Unit (SGCU). Alhasil akselerasi awal lebih kuat dan mulus, terutama saat membawa penumpang, kargo, dan menanjak.

Keunggulan SMG antara lain membuat suara mesin lebih baik saat pertama kali dihidupkan. Saat kamu menghidupkan mesin, generator bekerja untuk mengisi baterai. Ada juga fitur Stop & Start System (SSS). Fitur ini dirancang untuk menghemat bahan bakar.

Sistem kerjanya, motor otomatis mati bila kondisi berhenti lebih dari tiga detik. Mesin hidup kembali ketika throttle diputar. Oleh karena itu, bahan bakar tidak hilang. Untuk mengaktifkannya, pastikan tombol SSS di lengan sebelah kanan dalam posisi On.

5. Kenyamanan dan keamanan

Untuk keamanan Yamaha Filano menggunakan sistem Smart Key dengan fitur Answer Back system yang memudahkan kamu menemukan motor di tempat parkir. Fitur stand side switch memungkinkan untuk mengurangi risiko kamu lupa menaikkan standar samping.

Mesin dapat berhenti secara otomatis ketika standar diturunkan. Dan tidak bisa dihidupkan jika belum dinaikan. Kemudian fitur Smart Lock dapat menjaga posisi motor saat terjadi tabrakan. Dan One Push Start memberikan kemudahan untuk kamu menghidupkan mesin hanya dengan satu sentuhan.

6. Handling

Untuk memudahkan handling maka Grand Filano dibekali sepasang ban tubeless 110/70 (depan dan belakang). Untuk pengereman menggunakan cakram dan tromol. Sementara untuk sokbreker menggunakan teleskopik untuk depan dan konfigurasi tunggal untuk belakang.

Kekurangan

1. Power socket belum port USB

Di era digital, hampir semua tergantung smartphone. Sehingga banyak pabrikan motor menanamkan port charger pada skuter matik (skuter). Namun sayangnya port pengisiannya masih menggunakan jenis car charger.

Artinya konsumen harus membeli tipe plug-in. Meski banyak skuter lain yang sudah menggunakan port USB. Sebaliknya, spesifikasi ponsel ada dua jenis, yakni normal charger dan fast charger. Oleh karena itu, pihak pabrikan tidak menyertakan port USB, karena konsumen dapat mengaturnya sendiri.

Tenaga lebih kecil dibandingkan Fazzio

Yamaha Grand Filano ditenagai mesin 125cc, 1 silinder, SOHC, 2 katup, berpendingin udara, serta memiliki mesin injeksi bahan bakar Blue Core. Di atas kertas mampu menghasilkan tenaga maksimal 8,1 PS pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 10,4 Nm pada 5.000 rpm.

Sedangkan Yamaha Fazzio memiliki mesin yang sama yang mampu menghasilkan tenaga 8,3 PS / 6.500 rpm dan torsi 10,6 Nm pada 4.500 rpm. Perbedaan keunggulan antara Grand Filano dan Fazzio disebabkan oleh bobotnya. Skutik baru ini memiliki dimensi lebih besar dan bobot lebih berat 5 kilogram.

Jok tinggi

Tinggi joknya 790 mm dan terbilang tinggi untuk sebuah skutik 125 cc. Tentu saja hal ini bisa menjadi kerugian bagi pengendara sepeda yang tingginya di bawah 170 cm. Kaki tidak dapat bergerak dengan baik.

Harga mahal untuk kelas 125 cc

Hibrida Grand Filano menggunakan mesin motor 125cc, Grand Filano dibanderol dengan harga yang tergolong mahal. Dan itu wajar, karena memiliki banyak fitur canggih yang tidak dimiliki kompetitornya. Sebut saja mesin dengan teknologi hybrid, layar TFT dan fitur Y-Connected yang canggih.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi