Nana Sudjana Dukung Penuh Kontingen Jateng di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Nana Sudjana Dukung Penuh Kontingen Jateng di PON XXI Aceh-Sumut 2024
Nana Sudjana Dukung Penuh Kontingen Jateng di PON XXI Aceh-Sumut 2024 (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Banda Aceh - Perjuangan kontingen Jawa Tengah untuk mengukir prestasi pada ajang PON XXI/2024 Aceh-Sumut mendapatkan dukungan penuh dari Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana.

Selama empat hari, Nana Sudjana bergabung dengan pengurus KONI Jateng dan Kontingen Jateng di Aceh. Ia datang lebih awal dari jadwal opening ceremony yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Harapan Bangsa, Senin, 9 September 2024.

Nana memilih datang lebih awal karena ingin mendampingi tim dari dekat, memotivasi, dan menyaksikan langsung pejuangan atlet-atlet Jawa Tengah dalam event empat tahunan itu.

Dukungan penuh itu terlihat dari aktivitas Nana selama di Aceh. Dimulai dari mendarat di Aceh pada Sabtu sore, Nana langsung menuju ke venue cabor panjat tebing dan bola basket untuk menyemangati atlet yang sedang bertanding. Malamnya, Nana berdiskusi sekaligus memotivasi pengurus KONI dan tim ofisial untuk menjaga kondisi atlet, baik yang bertanding di Aceh maupun di Sumut.

"Kita akan bakar motivasinya. Saya lihat selama ini dari pertandingan yang sudah dilaksanakan mereka sudah optimal. Soal hasil nanti kita lihat, tapi yang penting sudah maksimal," katanya.

Nana juga menyaksikan perjuangan atlet Muaythai Jateng, Tiara Permana Putri untuk nomor elit 60 kg putri dan Irvan Aji Maulana nomor elit 63,5 kg putra. Sayang keduanya mengalami cedera saat pertandingan dan harus dilarikan ke RS khusus PON di kompleks Pusdiklat RSUD dr Zainoel Abidin, Aceh.

Nana langsung gerak cepat memastikan kondisi atlet dengan menjenguk ke rumah sakit. Kondisi terkini kedua atlet tersebut sudah membaik meskipun masih harus mendapatkan perawatan dan observasi.

Nana Sudjana Dukung Penuh Kontingen Jateng di PON XXI Aceh-Sumut 2024
Di sela kegiatan itu, Nana Sudjana selalu menekankan kepada atlet, pelatih, ofisial, dan KONI Jateng untuk memperhatikan kondisi kesehatan, mental, dan semangat juang.

"Ini penting (karena jadwal padat). Mental harus kuat dan konsisten saat bertanding. Kita sudah siapkan bonus untuk atlet yang meraih medali emas," kata Nana.

Adapun Raihan medali Jawa Tengah hingga Selasa siang, 10 September 2024, baru mendapatkan satu emas. Medali ini disumbang dari atlet sepatu roda. Sementara cabor lainnya baru berhasil menyumbangkan 6 perak dan 17 perunggu.

Peluang Jateng untuk menambah medali emas masih terbuka lebar karena masih banyak nomor pertandingan yang akan dimainkan. Bahkan pada beberapa nomor cabor, atlet Jateng mampu menembus final.

Bahkan, Nana Sudjana direncanakan juga akan mengunjungi kontingen Jateng yang bertanding di Sumatra Utara. Rencananya Nana Sudjana akan mengajak forkopimda untuk memberikan dukungan langsung ke Sumatra Utara beberapa hari mendatang.

"Nanti saya akan cari waktu untuk datang ke Medan (Sumatra Utara) untuk mendukung langsung atlet kita bertanding di sana," katanya.

(REL/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi