PKST Antara PTPN IV Regional 1 dan 2 dengan TNI AD Kodam I Bukit Barisan

PKST Antara PTPN IV Regional 1 dan 2 dengan TNI AD Kodam I Bukit Barisan
PKST Antara PTPN IV Regional 1 dan 2 dengan TNI AD Kodam I Bukit Barisan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - PTPN IV PalmCo Regional 1 dan 2 melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Teknis (PKST) dengan TNI AD Kodam Bukit Barisan, Rabu (25/9) di Aula AH Nasution Kodam I Bukit Barisan, Jalan Gatot Subroto, Medan.

Dalam kesempatan itu hadir antara lain, Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan, Irdam I/BB Brigjen TNI Boni Christian Pardede SE, Kapoksahli Pandam I/BB Brigjen TNI Djashar Djarnil SE, Asintel Kasdam I/BB Kol Inf Robianto Gadji SIP, Asops Kasdam I/BB Kol Inf Hindratno Devidanto SE, Aster Kasdam I/BB Kol Arh Dedik Ermanto, SIP. MT, Danrem 022/PT Kol Inf Luqman Arief SIP, Danrem 023/KS Kol Inf Dody Tri Winarto SIP, MHan, Dandim 0201/Medan Kol. Inf Ferry Muzawwad SIP, MSi, Danbrigif 7/RR Kol Inf Aidil Amin, Danpomdam I/BB Kol CPM Daniel Prakoso SIP, Kakumdam I/BB Kol Chk Muhammad Irham Djannatung SH, Danyonif 121/MK Letkol Inf Medwin Sangkakala, Direktur Kelembagaan PTPN IV Irwan Perangin-angin, Region Head 1 Ahmad Gusmar Harahap, dan Region Head 2 Sudarma Bakti Lessan.

Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan dalam sambutannya mengatakan bahwa TNI AD senantiasa memelihara kerja sama teritorial untuk memelihara dan meningkatkan hubungan erat antara kementerian, kelembagaan dan non kementerian baik di pusat dan daerah untuk mensukseskan program pemerintah.

“TNI AD memiliki tugas pokok selain melaksanakan operasi militer untuk perang, juga bertanggung jawab untuk operasi militer selain perang yakni mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis serta pemberdayaan wilayah pertahanan beserta kekuatan pendukungnya sejak dini sesuai konsep sistem pertahanan semesta,” katanya di depan seluruh hadirin.

Perjanjian kerja sama tersebut merupakan tindaklanjut MoU antara Kementerian BUMN dan TNI dalam hal ini antara PTPN dengan TNI AD untuk menjaga sumber daya alam dalam rangka menjaga dan mengelola sumber daya vital untuk kesejahteraan bangsa.

Upaya yang dilakukan TNI AD tersebut misalnya melalui pembinaan teritorial satuan kewilayahan dan non-kewilayahan untuk mendukung operasional PTPN yang fokus menjaga keamanan dan ketertiban, menjaga komunikasi sosial yang erat dengan masyarakat, patroli untuk memastikan keamanan, bela negara dan meningkatkan kesiapsiagaan di masyarakat untuk memperkuat ketahanan nasional.

Perjanjian kerjasama teknis antara PTPN IV dan TNI AD untuk menciptakan rasa aman dan situasi yang kondusif guna kelangsungan kegiatan usaha PTPN serta meningkatkan kemampuan dalam efektivitas keamanan penyelesaian aset.

Direktur Kelembagaan PTPN IV Irwan Perangin-angin, mengucapkan terima kasih atas penandatanganan yang dilakukan dan sangat mengapresiasi atas bantuan yang telah diberikan Kodam I Bukit Barisan selama ini.

“PTPN telah memasuki industri hulu dan hilir, tanpa bantuan TNI AD barangkali PTPN tidak mungkin sukses, karena apa yang telah dilakukan tidak hanya melakukan pengamanan namun melakukan tindakan persuasif ke masyarakat. Kami selalu minta dukungan dari Bukit Barisan untuk mendukung PalmCo sebagai perusahaan sawit terbesar di Indonesia,” katanya.

(RRS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi