UISU Bidik Kualitas Unggul, Tata Kelola Jadi Fokus Utama

UISU Bidik Kualitas Unggul, Tata Kelola Jadi Fokus Utama
UISU Bidik Kualitas Unggul, Tata Kelola Jadi Fokus Utama (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) terus berupaya untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar kuliah umum tentang tata kelola badan penyelenggara dan perguruan tinggi.

Kegiatan ini menghadirkan para ahli di bidang tata kelola perguruan tinggi, yakni Kepala LLDIKTI Wilayah I Sumut, Prof Drs Saiful Anwar Matondang, MA, PhD dan Pembina Yayasan Badan Wakaf Yayasan UII Jogja, Drs Syafruddin Alwi, SE, MA.

Dalam kegiatan itu, tema yang disampaikan Kepala LLDIKTI, yakni 'Strategi Penguatan Sistem dan Tata Kelola Perguruan Tinggi Berbasis Good University Governance'. Sedangkan tema disampaikan Pembina Yayasan Badan Wakaf Yayasan UII Jogya, 'Peran Badan Penyelenggara dalam Meningkatkan Kualitas Tata Kelola Perguruan Tinggi'.

Ketua Umum Yayasan UISU, Ir Indra Gunawan, MP, berharap melalui kuliah umum ini, seluruh sivitas akademika UISU dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang tata kelola yang baik.

"UISU mengundang Kepala LLDIKTI Sumut dan Pembina Yayasan Badan Wakaf UII Jogja. Diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dalam pelaksanaan tata kelola BP dan PTS, untuk meningkatkan kualitas UISU," katanya, Selasa (1/10).

Kemudian, kata Indra pada Oktober 2024 sudah mengagendakan narasumber dari Kemenkumham RI dan Kemendikbud Ristek Dikti.

"Insya Allah apa yang menjadi kelemahan dan kekurangan UISU dalam hal tata kelola akademik dan non akademik dapat disempurnakan melalui materi-materi yang kita dapatkan dalam kuliah umum," ucapnya.

Sementara itu, Rektor UISU, Prof Dr Safrida, SE, MSi, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas tata kelola UISU agar sesuai dengan perkembangan dikti dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Terima kasih dan apresiasi pada pengurus yayasan UISU yang terus bersinergi dengan pimpinan akademik mewujudkan UISU unggul, salah satunya penyempurnaan tata kelola, yang memang kita sadari harus disempurnakan dengan mengikuti perkembangan Dikti dan perkembangan ketentuan perundang-undangan lainnya," tambah Rektor.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi